Breaking News:

Anda Merasa Sering Lapar? Kata Ahli Gizi Ini Penyebabnya

Sudah makan, tapi kemudian kembali merasa lapar. Barangkali Anda pernah atau sering

Editor: Kamri
SHUTTERSTOCK
Diet kerap gagal karena saraf di perut yang berfungsi memberikan sinyal kenyang ke otak menurun tingkat kepekaannya. 

POSBELITUNG.COM - Sudah makan, tapi kemudian kembali merasa lapar. Barangkali Anda pernah atau sering mengalami hal itu. Rasanya tak bisa berhenti mengunyah dan ada dorongan kuat untuk mengintip isi kulkas.

Kepala Ahli Gizi di NutriCentre, Shona Wilkinson mengungkapkan lima alasan utama mengapa seseorang merasa selalu lapar.

1. Hamil

Tak dapat dipungkiri, napsu makan akan meningkat tajam ketika hamil. Kebutuhan kalori saat hamil akan meningkat, karena Anda juga memberi makan untuk janin yang dikandung.

Rasa lapar karena hamil tak perlu dilawan. Tetapi, pilihlah makanan yang sehat. Hindari banyak makan makanan olahan dan makanan yang terlalu manis. Konsumsi makanan yang kaya nutrisi untuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda dan bayi dalam kandungan.

2. Terlalu banyak karbohidrat

Terlalu banyak makan yang tinggj karbohidrat, justru akan membuat Anda masih merasa lapar setelah makan atau pada hari berikutnya. Karbohidrat akan cepat diserap ke dalam tubuh sebagai gula.

Gula dalam darah kemudian dibantu hormon insulin untuk masuk ke sel-sel tubuh. Ketika semua gula dalam darah telah masuk ke sel-sel tubuh, Anda akan kembali merasa lapar dan ingin lebih banyak karbohidrat. Bahkan, bisa saja Anda akan terbangun pada malam hari untuk makan.

Agar hal ini tidak terjadi, hindari konsumsi karbohidrat olahan. Barangkali Anda bisa mendapat karbohidrat yang lebih sehat dari ubi jalar, beras merah atau quinoa. Kombinasikan dengan protein, seperti ikan atau ayam, banyak sayur-sayuran hijau.

Dengan begitu, karbohidrat akan lebih lambat diserap tubuh. Hal ini juga akan menjaga gula darah Anda tetap normal.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved