Pesawat Etihad Alami Turbulensi Hebat di Langit Medan-Palembang, 31 Penumpang Terluka

Sebanyak 31 orang yang mengalami luka-luka langsung dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan.

Pesawat Etihad Alami Turbulensi Hebat di Langit Medan-Palembang, 31 Penumpang Terluka
net
Ilustrasi 

POSBELITUNG.COM, JAKARTA - Pesawat milik maskapai Etihad mengalami turbulensi hebat di wilayah udara Indonesia.

Pesawat dengan nomor EY474 tersebut melayani rute Abu Dhabi ke Jakarta pada Rabu (4/5) mengalami turbulensi hebat sekitar 45 menit sebelum mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng.

Akibatnya, sebanyak 31 orang terluka. Seperti dikutip situs Emirates247.com turbulensi itu juga mengakibatkan beberapa kerusakan di bagian bagasi kabin.

"Kami memberikan pendampingan semampu kami terhadap penumpang yang terdampak," jelas Etihad.

Kendati sempat mengalami turbulensi hebat di udara Indonesia tepatnya di atas wilayah udara Medan-Palembang, pesawat tersebut berhasil mendarat dengan selamat.

Sebanyak 31 orang yang mengalami luka-luka langsung dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan.

Sementara itu dalam foto yang tersebar di twitter dari akun @anjarmaladi, lantai pesawat terlihat berantakan dengan bungkus makanan setelah turbulensi terjadi.

Haerul Anwar, juru bicara Bandara Soekarno Hatta, membenarkan adanya sembilan penumpang yang cedera serius di antara 31 orang yang terluka.

"Petugas bandara bersama Komite Nasional Keselamatan Transportasi Indonesia sedang memeriksa pesawat," ujarnya.

Pesawat terbang itu mengalami turbulensi sebanyak 4 kali, sehingga sabuk pengaman penumpang terlepas. Kemudian Capten pilot Soares Barata Miguel Felipe and Co Pilot Al Maashary Rami Said Sleyum tetap melanjutkan penerbangan ke Bandara Soekarno-Hatta.

Pada pukul 14.24 WIB pesawat mendarat di runway Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta, selanjutnya pesawat berada di Gate E2. Sementara penumpang yang luka ringan dibawa ke klinik Terminal 2 dan yang luka parah langsung dirujuk ke rumah sakit.

Adapun jumlah penumpang yang luka berat sebanyak 9 orang dirujuk ke RS, sedangkan luka ringan sebanyak 21 orang dirujuk ke klinik Terminal 2.

Saat ini pesawat Etihad Airways EY 474 masih berada di Gate E2 guna dilakukan perbaikan dikarenakan mengalami kerusakan di bagian dalam terutama bagian langit-langit pesawat.

Sebelumnya, Etihad Airways biasa menggunakan Airbus A-330-200 untuk penerbangan ke Jakarta. Pesawat Etihad Airways EY 474 dengan rute Abu Dhabi-Jakarta dengan nomor register A6-EYN ini membawa penumpang sebanyak 262 orang dan 12 kru.

Etihad Airways yang berbasis di Emirat Dubai ini didirikan pada 2003 dan memiliki catatan keamanan yang baik dengan membawa 17,6 juta penumpang.

Editor: edy yusmanto
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved