Breaking News:

Jutaan Wanita di China Terperangkap Menikah Dengan Pria Homoseksual

Tekanan sosial soal pernikahan dalam budaya China yang sangat tinggi, kata Zhang, telah menciptakan fenomena bernama

Editor: Kamri
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi 

POSBELITUNG.COM - Salah satu pakar perilaku dari komunitas LGBT, Zhang Beichuan, merilis data bahwa jutaan wanita di China terperangkap menikah dengan pria homoseksual.

Dalam sebuah wawancara dengan China Daily, pensiunan profesor dari Qingdao University dan peneliti tersebut mengatakan, “Setidaknya ada 14 juta wanita heteroseksual di China terjebak dan pernah terjebak dalam pernikahan palsu dengan pria homoseksual,”.

Tekanan sosial soal pernikahan dalam budaya China yang sangat tinggi, kata Zhang, telah menciptakan fenomena bernama Tongqi, yang memiliki arti istri-istri dari kaum pria homoseksual.

“Kurangnya edukasi seks di sekolah menengah telah berkontribusi pada tragedi Tongqi. Selain itu, perilaku buruk dan kasar lingkungan sosial pada pria homoseksual juga pemicu lahirnya fenomena ini,” jelas Zhang.

Stigma sosial yang menentang perilaku homoseksual di China, membuat para pria gay menahan hasrat dan menyembunyikan orientasi seksual mereka yang sesungguhnya.

Alhasil, banyak pria homoseksual yang menjalani hubungan dengan wanita sebagai alibi untuk menghindari penolakan. Studi yang dilakukan Zhang menunjukkan bahwa 80 persen dari 20 juta pria homoseksual di China mengaku bahwa mereka tengah menikah dan pernah menikah dengan wanita heteroseksual.

Angka yang sangat tinggi itu sangat mengkhawatirkan, mengingat jutaan wanita yang terpuruk tapi mereka memilih diam dan larut dalam kesedihan memiliki suami penyuka sesama jenis, selama bertahun-tahun lebih.

Namun, dua tahun lalu, sejumlah wanita China akhirnya bersuara dan memutuskan bercerai ketimbang bertahan dalam pernikahan imitasi penuh penderitaan.

Salah satu contohnya, Fei Yan (41), yang memiliki nasib tidak beruntung menikah dengan pria homoseksual sehingga menyebabkan dirinya mengalami gangguan emosional selama bertahun-tahun.

“Sebelum dia (suami Fei) mengaku padaku, aku sama sekali tidak tahu apa yang terjadi di antara kita,” jelas Fei.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved