Breaking News:

Menpan RB Pastikan tak Ada Penerimaan PNS Tahun Ini

Jumlah PNS yang gemuk itu, beber dia, sudah menggerogoti APBN. Ungkapnya, anggaran untuk PNS secara nasional berjumlah 38 persen dari APBN.

Editor: Edy Yusmanto
net
Ilustrasi PNS 

Laporan Wartawan Tribun Manado Arthur Rompis

POSBELITUNG.COM, MANADO - MenPAN RB Yuddy Chrisnandi menegaskan, tak ada penerimaan PNS dari jalur umum pada tahun ini.

"Tak ada penerimaan dari jalur umum," kata dia. Dijelaskannya, penerimaan hanya untuk sekolah kedinasan seperti IPDN atau guru serta bidan di wilayah perbatasan.

"Itupun jumlahnya sangat terbatas," kata dia. Yuddy mengatakan, pihaknya saat ini sementara melakukan evaluasi kepegawaian.

Ia membeber kemungkinan penerimaan dibuka pada 2017 hingga 2019. "Saat ini belum," kata dia.

Menurut Yuddy, jumlah ideal PNS adalah 3,5 Juta. Jumlah PNS saat ini tercatat 4,5 Juta. "Jadi ada kelebihan 1 juta PNS," kata dia.

Jumlah PNS yang gemuk itu, beber dia, sudah menggerogoti APBN. Ungkapnya, anggaran untuk PNS secara nasional berjumlah 38 persen dari APBN.

"Di daerah ada yang sudah lebih dari 50 persen," beber dia. Untuk guru, kata dia, Indonesia butuh tambahan puluhan ribu guru.

Dikatakannya, persoalan guru adalah distribusi yang tidak merata. "Ada daerah yang banyak gurunya, ada yang sedikit," kata dia.

Yuddy membeber, pihaknya bakal melakukan rasionalisasi PNS. Hal itu akan dimulai tahun depan.

"Kita akan adakan klasifikasi pegawai, yang berkinerja buruk mungkin akan kena kebijakan itu," kata dia.

Kaban BKD Pemprov Sulut Femmy Suluh mengatakan, 300 PNS bakal pensiun tahun ini. Femmy mengakui, Pemprov Sulut kekurangan tenaga ahli di bidang hukum serta IT.

Wagub Steven Kandouw mengakui jika kinerja PNS di Sulut masuk kategori buruk. "Tiga bulan memimpin saya dapati kinerja PNS sangat buruk," kata dia. Dia janji bakal melakukan pembenahan.

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved