Breaking News:

WOW! Tahun 2026 UBB Ditargetkan Sudah Sejajar dengan Universitas Indonesia

Arah pengembangan UBB tahun 2022-2026 adalah pencapaian kesetaraan UBB dengan perguruan tinggi lain yang sudah mapan kata Rektor UBB Yusuf

WOW! Tahun 2026 UBB Ditargetkan Sudah Sejajar dengan Universitas Indonesia
IST
Rektor UBB Dr Ir Muh Yusuf MS ketika memberi sambutan usai mewisuda 148 sarjana baru pada Wisuda ke 12 di Golf and Convention Hall Novotel Bangka, Rabu (11/06/2016). (Ist)

Laporan wartawan bangkapos.com, dodi hendriyanto

POSBELITUNG.COM, BELITUNG -- Meski baru berumur 10 tahun, diam-diam Universitas Bangka Belitung (UBB) sudah menyusun rencana besar. Salah satunya berada sejajar dengan universitas papan atas yang sudah lebih dahulu mapan, seperti UI, UGM, IPB dan ITB.

“Target itu kita wujudkan pada periode pengembangan UBB dalam kurun waktu 2022-2026,” tukas Rektor UBB Dr Ir Muh Yusuf MS ketika memberi sambutan usai mewisuda 148 sarjana baru pada Wisuda ke 12 di Golf and Convention Hall Novotel Bangka, Rabu (11/06/2016).

Saat ini menurut Muh Yusuf, UBB berada pada tahap periode pertama (2014-2018). Yaitu periode memantapan kelembagaan, penguatan akademik dan penyehatan organisasi.

Dalam periode ini UBB gencar melaksanakan program yang berkaitan dengan upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia, baik sebagai penyedia layanan maupun penerima layanan.

“Ini periode penting bagi UBB menuju masa depan. Khususnya dalam upaya memantapkan UBB sebagai perguruan tinggi negeri, sebagaimana disyaratkan oleh undang-undang berlaku,” urai Muh Yusuf.
Dikemukakannya, arah pengembangan UBB selanjutnya untuk kurun waktu tahun 2018-2022 adalah meningkatan kualitas penyelenggaraan pendidikan.

“Arah pengembangan UBB tahun 2022-2026 adalah pencapaian kesetaraan UBB dengan perguruan tinggi lain yang sudah mapan, apakah itu ITB, IPB, UI, ataupun UGM,” ujar Muh Yusuf dalam sambutan yang ia beri judul ‘Peran UBB dalam Pembangunan Daerah’.

Menyetarakan UBB dengan universitas besar, menurut Muh Yusuf bukanlah suatu yang mustahil dicapai. Apalagi bila ‘dibarengi’ dengan kerja keras, tekad yang kuat dan bersatu padu.

“ Insya Allah kita akan bisa lebih cepat mencapai semua itu,” kata Muh Yusuf penuh optimis.
Arah pembangunan UBB yang terakhir (2030-2034) sambungnya adalah mewujudkan UBB sebagai Universitas Riset yang unggul.

Dalam kaitan UBB sebagai kekuatan daerah, Muh Yusuf menegaskan PTN ini perlu menetapkan perannya yang lebih tepat untuk mengisi sebagian kebutuhan daerah yang tidak, atau belum dapat dipenuhi oleh kekuatan lain daerah.

Halaman
12
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved