Breaking News:

Makam Kyai Muslim Ini Sering Dikunjungi Para Pejabat dari Berbagai Daerah Saat Ramadan

Di Kabupaten Minahasa Provinsi Sulawesi Utara, Anda bisa mengunjungi makam tokoh sejarah Perang Jawa, Kyai Modjo.

TRIBUNMANADO/ALPEN MARTINUS
Makam tokoh sejarah Perang Jawa, Kyai Modjo Di Kabupaten Minahasa 

POSBELITUNG.COM - Di Kabupaten Minahasa Provinsi Sulawesi Utara, Anda bisa mengunjungi makam tokoh sejarah Perang Jawa, Kyai Modjo.

Ia terlahir dengan nama Kyai Muslim Muhammad Halifah

Lokasinya tidak susah ditemukan. Jika Anda dari Manado, cukup naik kendaraan, bisa angkutan umum atau kendaraan pribadi, sekitar satu jam lamanya. Jika sudah sampai di pusat kota Tondano, bisa menuju ke Kampung Jawa Tondano.

Kalau masih bingung, silakan bertanya kepada warga setempat, pasti diberikan petunjuk. Kalau sudah sampai di Kampung Jawa, Anda bisa melihat peninggalan Kyai Modjo yaitu Masjid Agung Al-Falah Kyai Modjo.

Makam Kyai Modjo

Pengunjung bisa singgah sebentar untuk melihat peninggalan Kyai Modjo tersebut, setelah itu bisa meneruskan perjalanan ke makam Kyai Modjo yang hanya berjarak sekitar satu kilometer, tepatnya di Desa Wulauan.

Memang jalannya sedikit berkelok, tapi tak masalah karena kendaraan bisa masuk sampai di dalam.

Pengunjung bisa memarkirkan kendaraan di parkiran yang tersedia di bawah beberapa pohon pinus yang tumbuh di situ. Perjalanan pengunjung belum usai, sebab untuk sampai ke makam harus meniti anak tangga yang jumlahnya puluhan dan lumayan menanjak.

Di pintu masuk makam Anda akan disuguhi dengan papan nama bertuliskan sejarah awal masuknya Kyai Modjo dan pengikutnya di Tondano. Di situ tertulis bahwa Kyai Modjo dan rombongan yang tiba di Tondano, ada 63 orang laki-laki, sekitar akhir tahun 1829.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved