Breaking News:

Jumlah PNS Dianggap tak Ideal, Menteri Yuddy Pastikan Tahapan Pemecatan PNS Sedang Diproses

Pemerintah berkeinginan untuk memangkas jumlah PNS. Yuddy mengatakan, langkah ini dilakukan karena jumlah PNS yang saat ini mencapai hampir 4,5 juta

TRIBUNNEWS/HERUDIN
Menteri PAN dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi 

POSBELITUNG.COM - Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi akan segera melakukan sosialisasi rencana pemecatan pegawai negeri sipil ( PNS).

Rencananya, sosialisasi dilakukan usai lebaran tahun ini.

Yuddy Chrisnandi, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi mengatakan, sambil menyiapkan sosialisasi tersebut, pihaknya saat ini tengah menyelesaikan beberapa proses yang diperlukan untuk memecat PNS.

Persiapan tersebut salah satunya dilakukan dengan melakukan analisis organisasi dan jabatan.

Selain itu, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi juga sedang berkoordinasi dengan BKN dan BPKP untuk melaksanakan proses tersebut.

"Semua sedang jalan semua," katanya pekan kemarin.

Pemerintah berkeinginan untuk memangkas jumlah PNS. Yuddy mengatakan, langkah ini dilakukan karena jumlah PNS yang saat ini mencapai hampir 4,5 juta atau mencapai 1,77% dari total penduduk Indonesia, terlalu besar dan tidak ideal.

Menurutnya, rasio ideal jumlah PNS harusnya hanya 1,5% dari total penduduk Indonesia. Selain itu, pemecatan juga dilakukan untuk tujuan efesiensi.

Yuddy mengatakan, jumlah PNS di Indonesia yang saat ini terlalu besar telah menyedot anggaran negara, ruang gerak anggaran untuk pembangunan mengecil. (kontan)

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved