Breaking News:

Boneka Barbie yang Terkenal Itu Ternyata Diproduksi di Cikarang

Dalam lima tahun terakhir, Mattel Indonesia telah mengekspor boneka dengan nilai antara 150 juta- 200 juta dollar AS per tahun.

KOMPAS.COM/DAILY MAIL.COM
Inilah koleksi terbaru berbagai tubuh boneka Barbie, yang ternyata diproduksi di Cikarang. 

POSBELITUNG.COM, JAKARTA - Kementerian Perindustrian mendorong pelaku industri boneka dan mainan dalam negeri agar dapat melakukan inovasi dan memproduksi yang memiliki ciri khas Indonesia.

Saat ini Indonesia menjadi basis produksi boneka yang populer di dunia, yaitu boneka Barbie, di bawah naungan Mattel Inc yang berpusat di Los Angeles, Amerika Serikat (AS).

Mattel Indonesia tidak hanya memproduksi boneka tetapi juga mainan seperti Fisher Price, Hot Wheels, dan Thomas & Friends.

Beroperasi lebih dari 20 tahun di Indonesia, Mattel memiliki dua unit pabrik di Kawasan Industri Jababeka.

Kapasitas produksinya mencapai 60 juta unit per tahun, dan mengekspor lebih dari 3 juta unit boneka setiap bulan secara reguler.

Pasar terbesar Mattel Indonesia ialah AS dan Kanada 40 persen, Eropa 35 persen, Amerika Latin 20 persen, dan Asia Pasifik lima persen.

Senior Vice President Dolls and Diecast Manufacturing Mattel Indonesia, Teck Heng Soo, mengatakan, Mattel Indonesia merupakan pabrik terbesar di antara pabrik Mattel di dunia seperti Cina, Malaysia, Thailand, dan Meksiko.

"Posisi Indonesia sangat penting bagi mata rantai produksi Mattel," katanya.

"Kami juga mendukung industri lokal karena melibatkan pemasok dan subkontraktor,” ujar Teck Heng Soo, dalam keterangan resminya, Kamis (23/6/2016).

Sementara itu, Vice President and General Manager Mattel Indonesia, Roy Tandean, mengungkapkan, pabrik di Cikarang memproduksi 50 persen Barbie yang beredar di seluruh dunia.

Halaman
12
Editor: Edy Yusmanto
Sumber: Tribun Solo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved