Breaking News:

Tak Ingin Terjadi Penuaan Dini? Hindari 4 Hal Ini

Degenerasi kulit sesungguhnya merupakan bukti proses penuaan alamiah akibat pertambahan usia.

Editor: Tedja Pramana
tabloidnova.com
Ilustrasi penuaan wajah. 

POSBELITUNG.COM - Degenerasi kulit sesungguhnya merupakan bukti proses penuaan alamiah akibat pertambahan usia. Kekenduran dan keriput menjadi hal yang tak bisa dielakkan oleh siapa saja.

Disarikan dari Prevention, ternyata ada 4 hal konyol penyebab keriput datang di usia muda selain dari merokok, alkohol dan sebagainya. Ini sangatlah penting karena ternyata keriput bisa datang dari kebiasaan membersihkan wajah dan merias muka yang keliru.

Jadi, jika Anda tidak ingin mengalami penuaan dini, ada baiknya menghindari 4 hal konyol penyebab keriput datang di usia muda berikut ini.

1. Kebanyakan makan pasta
Anda pasti sudah tahu bahwa gula sangat buruk untuk lingkar pinggang Anda. Namun, hal lain yang perlu Anda tahu bahwa kebanyakan gula juga tidak baik untuk kompleksi warna kulit.

"Kulit itu kan juga organ dan gula tidak baik untuk semua organ dalam tubuh," terangnya.
Gohara menjelaskan bahwa gula, karbohidrat tinggi, dan makanan dengan glikemik tinggi bisa menjadikan kulit berinflamasi berada dalam kondisi glikasi.

"Kondisi itu mengikat molekul yang menurunkan produktivitas elastin dan kolagen," ujarnya soal 4 penyebab kulit cepat keriput di usia muda.

2. Pelembab kulit yang tidak tepat
"90 persen dari keriput di usia muda yang terlihat nyata berasal dari kebiasaan tidak melindungi kulit dari sinar UV," jelas Mona Gohara, MD, seorang asisten profesor dermatologi di Yale School of Medicine.
Menurut Gohara, setiap orang harus rajin mengaplikasikan krim tabir surya meskipun tidak banyak menghabiskan waktu di luar ruangan.

"Krim tabir surya bukan hanya untuk saat Anda bermain di pantai atau kolam renang," imbuhnya.
Sebab,kulit juga terekspos saat Anda sedang menyetir dalam mobil atau berjalan-jalan di taman dengan pohon rindan," jelasnya.

3. Tinggal di kota besar
Penduduk di kota besar berpeluang tinggi mengalami penuaan dini. Pasalnya, polusi, asap mobil, dan jelaga "ampuh" membuat kualitas kulit terus menurun sehingga terciptalah keriput.

Gohara menyarankan wanita yang hidup di kota besar dan sibuk untuk lebih banyak mengonsumsi makanan kaya antioksidan. Tujuannya agar kulit terawat maksimal dari dalam tubuh.

4. Begadang
Keseringan tidur hingga larut malam merupakan kebiasaan buruk yang bisa meningkatkan produksi kortisol. Hormon kortisol yang terlalu tinggi membuat kulit menjadi cepat keriput.

"Pernyataan beauty sleep itu memiliki maksud yang legit," pungkasnya. (*)

Sumber: Tabloidnova.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved