Breaking News:

Liputan Khusus

Sport Center Belitung Segera Dibangun, Ini Aspirasi Warga yang Kebunnya Terancam Digusur

Pemkab Belitung berencana membangun sport center di areal IUP PT KBU. Namun di areal tersebut sudah terdapat sejumlah SKT atas nama warga

Pos Belitung/Disa Aryandi
Lahan eks KBU 

POSBELITUNG.COM, BELITUNG - Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Kaolin Belitung Utama (KBU) di wilayah Desa Perawas, Tanjungpandan, Kabupaten Belitung akan berakhir pada 25 September 2016 mendatang.

Pemerintah daerah selanjutnya berencana membangun Sport Center di lahan seluas sekitar 100 hektare tersebut.

Detail eginering desaign (DED) dan master plan akan disusun pada 2017 mendatan.

Selanjutnya proyek mulai dikerjakan awal 2018.

Namun kondisi di lapangan, banyak warga menjadikan lahan KBU sebagai tempat bercocok tanam, bahkan sudah mengantongi surat keterangan tanah (SKT).

"Dari dulu tidak operasi atau jalan KBU ini. Kami ini tau betul bagaimana lahan di sini. Sebelum ada KBU itu, kami sudah berkebun di lokasi ini, sudah 20 tahun lalu saya bekebun di sini," kata Hadi, warga yang berkebun di lahan KBU kepada Pos Belitung, Jumat (16/7).

Ia menjelaskan, masyarakat setempat telah mengelola lahan ketika IUP belum muncul dan tidak diketahui oleh masyarakat sekitar. Sebab lainnya, pihak perusahaan hingga habis izinnya, tidak kunjung beroperasi.

Warga RT 02 Desa Perawas, Tanjungpandan ini pun mengaku telah bercocok tanam di lahan KBU sejak 1995. Ketika itu, ia hanya menanam singkong, sahang (lada), dan karet. Ia berkebun lantaran lokasi tersebut lahan produktif namun tidak terawat.

Hadi menyatakan, kepemilikan lahan ketika itu, 180 derajat dibanding sekarang. Kala itu, warga bisa langsung memiliki lahan secara bebas, setelah ditanami atau berkebun. Karena itu, rata rata kepemilikan lahan terdahulu, tidak memiliki SKT.

"Bebas istilahnya kalau dulu, siapa saja bisa mengelola lahan. Yang namanya surat, dulu itu tidak ada asal jadi kebun langsung milik dia lah. Nah KBU itu baru muncul, setelah kami berkebun di sana tiga tahun kemudian, tapi tidak pernah dioperasikan," ujarnya.

Halaman
1234
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved