Harga Bawang Merah di Belitung Timur tak Kunjung Turun, Ini Penyebabnya

Harga bawang merah di Pasar Mekar Jaya, Desa Mekar Jaya, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur menggila. Per kilogram bawang merah seharga Rp 60

Harga Bawang Merah di Belitung Timur tak Kunjung Turun, Ini Penyebabnya
Pos Belitung/Dedy Qurniawan
pedagang pasar mekar jaya 

Laporan wartawan Pos Belitung, Dedy Qurniawan

POSBELITUNG.COM, BELITUNG - Harga bawang merah di Pasar Mekar Jaya, Desa Mekar Jaya, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur menggila. Per kilogram, pedagang menjual bawang merah seharga Rp 60 ribu.

Harga ini adalah harga yang berlaku di tingkat pedagang pasar sejak pasca Idul Fitri 1437 H lalu. Bahkan, harga ini lebih tinggi dibanding harga saat puasa yang hanya Rp 35 ribu per kokilogram dan harga dekat lebaran yakni Rp 50 ribu per kilogram.

"Tidak turun-turun, naik. Agen naik semua. Kami setengah mati berjualan," ujar pedagang Pasar Mekar Jaya, Sawiyah (65) kepada Pos Belitung, Selasa (26/7/2016).

Sawiyah mengatakan, bawang merahnya kebanyakan dipasok dari agen di Tanjungpandan, Kabupaten Belitung. Tak hanya bawang merah, komoditi serupa lainnya juga menunjukkan tren kenaikan.

Bawang putih misalnya, sebelumnya dijual Rp 30 ribu per kilogram, sekarang dilepas Rp 34 ribu per kilogram. Sementara cabai keriting dijual dengan harga Rp 30 ribu dari sebelumnya Rp 25 ribu.

Adapun cabai rawit dijual dengan harga Rp 60 ribu per kilogram. "Ini bisa Rp 35 ribu per kilo untuk cabai keriting," katanya.

Pedagang di Pasar Mekar Jaya kebanyakan adalah pedagang relokasi dari Pasar Lipat Kajang Manggar. Mereka direlokasi karena pasar tersebut sedang direncanakan untuk direnovasi. (*)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: Wahyu Kurniawan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved