Breaking News:

Pulau Lengkuas Tampil di Halaman Depan Koran Kompas, Kesiapan Wisata Belitung Akan Diukur

Masuknya Tanjung Kelayang sebagai tujuan wisata prioritas nasional ikut menyeret perhatian media-media besar nasional pada Pulau Belitung.

KOMPAS/WAWAN H PRABOWO
Mercusuar yang dibangun tahun 1882 di Pulau Lengkuas, Belitung, Kepulauan Bangka Belitung, menjadi salah satu daya tarik wisata Bangka Belitung, Juni. Dari mercusuar setinggi 70 meter ini terlihat keindahan Pantai Tanjung Kelayang dan Tanjung Tinggi serta batu-batu granit raksasa berusia sekitar 245 juta tahun. 

POSBELITUNG.COM - Masuknya Tanjung Kelayang sebagai tujuan wisata prioritas nasional ikut menyeret perhatian media-media besar nasional pada Pulau Belitung.

Satu yang pasti yakni Kompas, yang pada Rabu 27 Juli 2016 memuat foto Pulau Lengkuas pada halaman depan edisi cetak mereka.

Tak hanya foto master, Kompas juga memuat tulisan bertopik Pesona Wisata Indonesia dengan judul Mengukur Kesiapan Daerah Tujuan Wisata.

Dalam tulisan tersebut Kompas menilai kampanye Wonderful Indonesia dan fasilitas bebas visa memerlukan dukungan banyak hal, terutama kesiapan pemerintah daerah, sumber daya manusia, dan infrastruktur fisik.

Demi mengetahui kesiapan dan daya saing global Indonesia dalam industri pariwisata, Redaksi dan Litbang Kompas berencana mengukur 10 tujuan prioritas dan 20 kota/kabupaten.

Tolok ukur yang digunakan mengacu pada World Economic Forum.

Acuan itu antara lain pilar lingkungan pendukung, tata kelola, infrastruktur pendukung, serta potensi wisata alam dan budaya.

Pengukuran indeks tujuan wisata Indonesia dilakukan Kompas lewat pengolahan data sekunder dan disertai temuan lapangan.

Laporan dari tiap daerah tujuan akan dimuat mulai 27 Juli hingga 30 Agustus 2016 di halaman 23 atau 24.

Halaman
123
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved