Breaking News:

Mengenal Lebih Dekat Gulen, Musuh Erdogan yang Peduli Pendidikan

Beberapa tahun lalu saat skandal korupsi dan suap menjerat orang-orang dekat Erdogan, nama Gulen kembali dituduh sebagai penggerak penyidikan polisi..

(Gulen-Movement.net)
Seorang ulama Sunni yang tinggal di AS, Fethullah Gulen yang dituduh sebagai dalang di balik kudeta di Turki. (Gulen-Movement.net) 

POSBELITUNG.COM - FETHULLAH Gulen, ulama berusia 75 tahun yang kini menetap di Amerika Serikat, kembali menjadi buah bibir di Turki.

Sebab, Gulen disebut-sebut sebagai dalang kudeta militer yang gagal menggulingkan Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Bukan kali ini saja Gulen dituding hendak menggulingkan Erdogan.

Beberapa tahun lalu saat skandal korupsi dan suap menjerat orang-orang dekat Erdogan, nama Gulen kembali dituduh sebagai penggerak penyidikan polisi dan kejaksaan saat itu.

Lalu siapakan Fethullah Gulen pendiri "Gerakan Gulen" dan pernah menjadi sekutu dekat Recep Tayyip Erdogan?

Meski membantah menjadi dalang kudeta gagal di Turki, menarik melihat perkembangan konflik Fethullah Gulen dengan Tayip Erdogan.

Konflik keduanya bermula saat pemerintah Turki mengeluarkan kebijakan untuk menutup beberapa pusat pendidikan swasta yang terkenal dengan nama gerakan FATIH.

Intinya adalah mengatasi kekurangan pengajar pendidikan negara dan sekaligus mengurangi beban biaya pada banyak keluarga tanpa mengorbankan kualitas dan mutu pengajaran. Gulen merupakan ulama yang mengikuti ajaran sufi Islam terkemuka Turki, Bediuzzaman Said Nursi seorang ahli agama berdarah Kurdi yang menulis Risale I-Nur sebuah tafsir Al Quran setelal 6.000 halaman yang ditulis antara 1910-1950.

Gulen banyak disebut terpengaruh dengan ide-ide Said Nursi, Inti dari buku ini adalah Said Nursi yakin bahwa ilmu pengetahuan dan logika adalah jalan yang harus dijalani di masa depan.

Dia juga mengusulkan pengajaran agama di sekolah-sekolah sekuler dan pelajaran sains di sekolah-sekolah keagamaan.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved