Breaking News:

Ini Wilayah Indonesia yang Terkena Gerhana Matahari Cincin

Terdapat 124 Kota/Kabupaten dan 10 Provinsi di Indonesia, bisa melihat langsung fenomena gerhana matahari cincin (GMC).

Posbelitung.com/Wahyu Kurniawan
ILUSTRASI: Penampakan Gerhana Matahari Total (GMT) yang dilihat dari Pantai Tanjung Kelayang, Kabupaten Belitung, Rabu (9/3/2016) pukul 07.23 WIB. 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Disa Aryandi

POSBELITUNG.COM, BELITUNG -- Terdapat 124 Kota/Kabupaten dan 10 Provinsi di Indonesia, bisa melihat langsung fenomena gerhana matahari cincin (GMC).

Meski hanya GMC sebagian, itu bisa disaksikan di Kepulauan Mentawai, Bengkulu, Sumatera Selatan bagian tenggara, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur bagian barat.

"Untuk setiap kota, terjadinya berbeda - beda. Paling lama itu di durasi di Bengkulu, Kabupaten Mana, itu sekitar 34,1 menit. Kalau puncaknya akan pertama kali teramati di daerah Seai-Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat pada pukul 17:52:18,5 WIB," kata Badan Metreologi Klamotologi dan Geofisika (BMKG), Kepala Statsiun Geofisika Klas III Tanjungpandan, Margiono kepada Posbelitung.com, Rabu (31/8/2016).

Fenomena tersebut, bakal muncul pada Kamis (1/9/2016) sekitar pukul 17.26 WIB. Tepatnya fenomena ini, bakal muncul ketika matahari terbenam, dan kontak pertama muncul di daerah Pancitan.

Namun sayangnya khusus untuk wilayah Indonesia, hanya bisa dilihat sebagian dan fenomena itu. Sehingga lingkaran yang muncul hanya sebagian dilihat dari Indonesia.

Penulis: Disa Aryandi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved