Breaking News:

Jangan Sampai Ketinggalan! Simak Ini Tahap Pemutakhiran Data Pemilih Pilkada Babel 2017

Saat ini tahapan Pilgub Babel 2017 pun sudah memasuki tahap Pemutakhiran Data Pemilih.

Penulis: Dedi Qurniawan |
Pos Belitung/KPU Belitung Timur
Si Taban, maskot Pemilihan Gubernur dalam Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 15 Februari 2017 mendatang. 

Laporan wartawan Pos Belitung, Dedy Qurniawan

POSBELITUNG.COM, BELITUNG - KPU Belitung Timur (Beltim) meminta kerjasama masyarakat Beltim guna menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2017.

Sebagaimana diketahui, satu diantara wilayah yang ikut meramaikan pesta demokrasi itu adalah Bangka Belitung yang turut menyelenggarakan Pemilihan Gubernur Babel 2017.

Komisioner Divisi Rumah Tangga, Organisasi, dan Data Pemilih Rizky Rinaldi, mengatakan, masyarakat diimbau memberikan data terbaru dan terakurat pada proses Pencocokan dan Penelitian (Coklit) oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) pada 8 September hingga 7 Oktober 2016 mendatang.

"Kami memohon kerjasama masyarakat untuk menerima petugas kami dan memberikan keterangan yang terbaru dan akurat," ujar Rizky kepada Pos Belitung, Minggu (4/9/2016).

Kata Rizky, ajakan itu beralasan pasalnya data pemilih merupakan hal yang menentukan dalam kualitas penyelenggaraan pemilu.

Penyelanggara harus bekerja ekstra guna memastikan hak-hak suara warga difasilitasi dengan baik.

Saat ini tahapan Pilgub Babel 2017 pun sudah memasuki tahap Pemutakhiran Data Pemilih.

Dia mengatakan, proses pemutakhiran akan menyinkronkan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) yang berjumlah sebanyak 84910 pemilih dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang digunakan pada Pilbup Beltim 2015 lalu. DP4 adalah data yang diterima KPU Beltim dari KPU RI melalui KPU Provinsi Babel.

"Berdasarkan DP4 itu, jumlahnya mencapai 84910 pemilih. Pemilih pemula sebanyak 2114 pemilih dan disabilitas sebanyak 280 pemilih," beber dia.

Tahapan ini, ujar Rizky, sudah berjalan dan diawali dengan rapat kerja dan bimtek dengan PPK dan PPS beberapa waktu lalu.

Selanjutnya para PPK dan PPS juga menggelar rapat kerja PPDP di masing-masing kecamatan dan dilanjutkan dengan masa pemutakhiran data pemilih pada 8 September hingga 9 Oktober mendatang.

"Selama masa coklit, petugas PPDP akan bersilaturahmi ke masyarakat secara langsung dengan menanyakan data terbaru terkait pemilih. Misalnya pemilih yang tidak memenuhi syarat, perbaikan data, pemilih disabilitas, dan pemilih pemula, TNI/Polri menjadi sipil dan pendatang/pindahan yang menetap dengan bukti KTP:KK atau surat keterangan dari Disdukcapil setempat. Tentunya PPDP kami sudah dibekali dengan pemahaman yang baik pada saat bimtek. Kami mohon kerjasama masyarakat," beber dia. (*)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved