Breaking News:

Bank Sinarmas Beri Fasilitas Kredit ke Petani Ubi Jalar

PT JIT adalah perusahaan penyedia bibit, sarana produksi dan pembeli hasil panen ubi jalar dari para petani anggotanya.

Editor: Edy Yusmanto
Thinkstockphotos
Ilustrasi ubi jalar 

POSBELITUNG.COM, JAKARTA - PT Bank Sinarmas Tbk (BSIM) menandatangani kerja sama pemberian kredit kepada para petani ubi jalar melalui PT JIT Investama Harapansukses (JIT).

Dengan kerja sama ini, sekitar 166 petani ubi jalar di Desa Sukasari, Desa Sirnagalih, Desa Cipetir, Desa Nagrak dan Desa Cipendawa, Kecamatan Cilaku, Cianjur, Jawa Barat akan mendapatkan pembiayaan dengan plafon masing-masing sebesar Rp 25 juta.

Dana tersebut akan digunakan sebagai modal penanaman ubi jalar.

PT JIT adalah perusahaan penyedia bibit, sarana produksi dan pembeli hasil panen ubi jalar dari para petani anggotanya.

Pola kemitraan ini merupakan kerja sama saling menguntungkan yang akan memperkecil risiko pada semua pihak atau biasa dikenal dengan nama value chain financing (VCF) atau supply chain financing (SCF).

"Ketahanan pangan telah lama salah satu isu yang menjadi perhatian kami, di samping isu pengentasan kemiskinan," ujar Direktur BSIM Soejanto Soetjijo dalam keterbukaan informasi, Selasa (27/9/2016).

Oleh sebab itu, Bank Sinarmas berkomitmen memberikan kredit mikro kepada para petani, peternak dan nelayan.

Soejanto mengatakan, penyaluran pembiayaan pada petani ubi jalar ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan perjanjian kerja sama pembiayaan antara BSIM dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) pada 5 September lalu.

BSIM merupakan salah satu bank yang ditunjuk pemerintah sebagai penyalur kredit usaha rakyat (KUR), baik KUR mikro, ritel maupun KUR penempatan TKI.

Dari September hingga Agustus, BSIM sudah menyalurkan KUR kepada 2.400 TKI senilai Rp 31 miliar.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved