Breaking News:

Tahun Baru Islam

Gubernur dan Walikota Hadiri Peringatan 1 Muharam di Pangkalarang

Acara kali ini berlangsung spesial, karena Gubernur Babel Rustam Effendi dan Wali Kota Pangkalpinang Irwansyah hadir di tengah-tengah warga.

Bangka Pos/Alza Munzi
Peringatan 1 Muharram 1438 H di Pangkalarang, Minggu (2/10/2016). 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Alza Munzi

POSBELITUNG.COM, BANGKA - Ribuan masyarakat Pangkalarang, Kelurahan Ketapang menghadiri acara peringatan‎ Tahun Baru Islam 1 Muharram 1438 Hijriah di Masjid Baitul Amin, Pangkalarang, Pangkalpinang, Minggu (2/10/2016).

Perayaan 1 Muharram di Pangkalarang rutin dilaksanakan setiap tahun, sebagai ungkapan rasa syukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT.

Acara kali ini berlangsung spesial, karena Gubernur Babel Rustam Effendi dan Wali Kota Pangkalpinang Irwansyah hadir di tengah-tengah warga.

Hujan rintik-rintik tak mengurangi antusias warga hadir di pelataran masjid. Menariknya, ratusan dulang berisi beragam makanan tersusun rapi.

Dulang-dulang itu adalah bagian tradisi nganggung yang masih melekat erat dalam budaya Melayu Bangka.

Suasana religi semakin terasa manakala ceramah‎ Ustad Fadhlan Rabbani Garamatan, begitu menyentuh hati jamaah yang mendengarnya.

"Ketika bapak, ibu masih hidup dipanggil, hayya alassalah. Tinggalkan pekerjaan Anda, ayo kita mengerjakan salat. Ada di kantor, tinggalkan rapat, arahkan panggilan ini. Supaya ada keberkahan dalam hidup ini. Karena kalau sudah meninggal, tidak ada lagi panggilan ini," ungkap Fadhlan dalam ceramahnya.

Dia menyebutkan, orang beriman siap atau pun tidak, harus menerima kematian. Mati itu artinya pulang. Sehingga, lanjut Fadhlan, kalau ada kata pulang artinya bergembira.

"Waktu kita SD, saat guru bilang akan pulang, kita gembira tidak, pasti gembira kan. Begitu juga, saat lebaran, kita gembira pulang ke rumah. Begitu juga kalau kita mati, harus gembira karena bertemu Allah. Kalau, ada yang tidak bergembira saat mati, berarti hidupnya di dunia tidak jelas," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Alza
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved