Berburu Manik-manik Kuno di Lahan Bekas Kebun Karet, Diprediksi Peninggalan Zaman Megalitikum

Sejak dua bulan terakhir, ratusan orang berburu manik-manik kuno di lahan bekas tanaman karet perkebunan PT Glenmore, Kabupaten Banyuwangi, Jatim.

Berburu Manik-manik Kuno di Lahan Bekas Kebun Karet, Diprediksi Peninggalan Zaman Megalitikum
Kompas.com/Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati
Manik-manik dan beberapa barang yang ditemukan di lahan bekas tanaman karet yang diduga berasal dari masa megalitikum 

POSBELITUNG.COM, BANYUWANGI - Sejak dua bulan terakhir, ratusan orang berburu manik-manik kuno di lahan bekas tanaman karet perkebunan PT Glenmore, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Menggunakan alat alat sederhana, seperti cangkul, sekop, timba, dan pisau atau sabit, para pemburu itu mengorek tanah untuk mendapatkan manik-manik yang diduga berusia ratusan tahun.

Afif (26), warga Desa Margomulyo, Glenmore, mengatakan, biasanya manik-manik tersebut tersembunyi dalam bebatuan yang berbentuk seperti kotak di kedalaman dua meter dari permukaan tanah.

"Ada yang bawa besi yang kemudian dia tancap-tancapkan ke tanah. Jika terbentur batu, biasanya akan digali. Di dalamnya bisa ada dua kilo manik-manik berbagai warna," kata Afif kepada Kompas.com, Jumat (7/10/2016).

Ketika menemukan manik-manik, warga tidak akan langsung menyentuhnya, tetapi membiarkannya terkena angin lebih dahulu. Jika langsung diambil, manik-manik tersebut akan hancur karena rapuh.

"Harus hati-hati, tidak boleh kasar saat ngambil," kata Afif.

 

Ira Rachmawati Seorang warga sedang menggali lahan bekas tanaman karet di Glenmore Banyuwangi untuk mencari manik manik yang diduga berusia ratusan tahun 
Ada beragam ukuran manik-manik yang ditemukan warga. Ada yang sebesar biji kacang hijau atau biji jagung dengan lubang bagian tengahnya seperti bekas kalung atau gelang. 

Warnanya pun beragam pada setiap lubang temuan. Ada yang berwarna merah, oranye, kuning, biru, cokelat dan motif warna lain.

Halaman
123
Editor: Jariyanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved