Breaking News:

Guru Honor di Belitung Ini Terima Gaji Rp 1 Juta, Cari Sampingan Menyanyi

Penghasilan yang masih jauh di bawah Upah Minimum Provinsi (UMP) itu, dimanfaatkan menutupi kebutuhan keluarga sehari-hari

Editor: Rusmiadi
istimewa
Fery sedang mengajar siswa di dalam kelas 

POSBELITUNG.COM -- Fery Firdaus satu diantra guru honor di Kabupaten Belitung, yang saat ini masih mengabdi di sekolah menengah kejuruan (SMK) di Tanjungpandan sejak dua tahun belakangan.

Bapak satu orang anak ini menerima gaji sekitar Rp 1.350.000 per bulan setelah mengajar 33 jam ditambah tiga jam sebagai wali kelas.

Penghasilan yang masih jauh di bawah Upah Minimum Provinsi (UMP) itu dimanfaatkan menutupi kebutuhan keluarga sehari-hari.

"Kalau ditanya cukup, saya bersyukur saja, makanya di luar jam ngajar saya nyambi ikut teman nyanyi dan MC di event. Lumayan untuk tambahan sekaligus menyalurkan hobi," ujar lelaki berkacamata itu kepada Posbelitung.com, Jumat (28/10/2016).

Dirinya sadar menjadi seorang guru bukan persoalan bayaran, tetapi lebih kepada mendidik dan memberi ilmu kepada para muridnya.

Selama dua tahun belakangan, Fery dipercaya pihak sekolah mengajar mata pelajaran agama dan ekstrakulikuler musik.

Suasana dan niat yang kuat membuat Fery masih bertahan di sekolah tersebut. Bahkan dirinya belum berpikir mencari pekerjaan baru.

"Selama ini nyaman-nyaman saja. Bahkan kalau sehari saja absen, kata orang Belitong langsung gaok (kangen) kan murid," ujarnya sembari tertawa.

Ia mengakui pembayaran gaji memang pernah terlambat sesekali. Tetapi ia menyadari bahwa pihak sekolah pun kesulitan mencari dana.

"Kalau telat, saya berpikir positif saja, mungkin belum rezekinya. Tapi itu hanya sesekali saja, lainnya tetap tanggal 1 dibayar," ujarnya.

Fery berharap guru honor mendapat penghasilan yang sesuai, setidaknya mengikuti standar UMP.

Namun di sisi lain, dirinya paham, bahwa aturan membuat peruntukan gaji mereka terbatas.

Menurut informasi yang didapatnya, pihak sekolah harus mengambil dana komite guna menutupi biaya gaji honor.

"Makanya kalau sumber dananya saya kurang tahu. Tapi biasanya lewat dana komite juga," katanya. (n1)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved