Breaking News:

Keren Boy! Ini Video Drone Jembatan Baturusa II yang Panjangnya Sampai 784 Meter

Jembatan tersebut menggunakan teknologi Inggris memiliki julukan jembatan emas

BANGKA POS/RESHA JUHARI
Jembatan angkat atau "Bascule Bridge" Baturusa II 

Laporan wartawan Bangka Pos, Resha Juhari

POSBELITUNG.COM -- Jembatan angkat atau "Bascule Bridge" Baturusa II atau yang juga dikenal dengan sebutan Jembatan Emas merupakan jembatan satu-satunya dan pertama di Indonesia bahkan di Asia Tenggara, Jembatan tersebut menggunakan teknologi Inggris, Rabu (2/11/2016).

Jembatan yang memiliki panjang sekitar 784 meter itu dibangun dengan konstruksi cable stay dan sistem bascule pada bentang tengahnya dan dapat dibuka hingga sudut 70 derajat sehingga memungkinkan kapal yang melintas di Sungai Baturusa yang menuju Pelabuhan Pangkalbalam tersebut dapat melintas dan bergerak bebas.

Jembatan yang menghubungkan daratan Ketapang, Kota Pangkalpinang dan Baturusa, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung itu dapat dioperasikan dengan tiga cara yakni dengan sistem manual, komputerisasi dan sistem automatic sensor pendeteksi kapal.

Hingga kini, jembatan yang diharapkan bisa menjadi icon dan kebanggaan bagi warga Bangka Belitung itu belum juga bisa digunakan atau diresmikan. Rencananya, Jembatan tersebut akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

Berikut Videonya:

Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved