Breaking News:

Waspadai Rambut Rontok Sebelum Terjadi Kebotakan

Kuncinya adalah mengetahui gejala kerontokan sejak dini, sehingga pengobatan atau terapi bisa dilakukan lebih awal dan lebih efektif.

SHUTTERSTOCK
Rambut Rontok 

POSBELITUNG.COM - Mungkin Anda sedang menyisir atau merawat rambut di salon saat menyadari bahwa rambut Anda menjadi jarang alias kepadatannya berkurang.

Rambut rontok tidak terjadi dalam semalam. Sangat mungkin Anda tidak menyadari prosesnya sampai masalahnya terlihat nyata. Saat itu terjadi, penampilan serta kesehatan mental akan ikut terpengaruh.

"Jumlah korban emosional dan psikologis akibat rambut rontok pada wanita sangat besar dan sering tidak dibahas," kata Sonia Batra, MD, dermatolog bersertifikat di Santa Monica, CA. "Wanita sering malu terisolasi, meskipun masalah rambut rontok adalah hal yang sangat umum."

Jenis kerontokan yang paling umum terjadi para wanita adalah androgenetic alopecia. "Ini terjadi karena kombinasi dari riwayat keluarga, perubahan kadar hormon pria yang dikenal sebagai androgen dan penuaan," kata Batra.

Karena usia, ukuran folikel rambut individu mulai menyusut dan folikel yang berukuran kecil menghasilkan rambut yang lebih tipis, lebih pendek, lebih rapuh. "Pada akhirnya, jumlah folikel jug dapat berkurang," katanya.

Jadi apa yang dapat Anda lakukan untuk menyelamatkan helai demi helai rambut Anda?

Kuncinya adalah mengetahui gejala kerontokan sejak dini, sehingga pengobatan atau terapi bisa dilakukan lebih awal dan lebih efektif.

Batra mengatakan inilah tanda-tanda umum kerontokan yang akan membawa masalah:

1. Jarak antar rambut makin melebar.

2. Saat menarik rambut akan terlihat kulit kepala dengan lebih jelas (akibat kepadatan rambut berkurang).

Halaman
12
Editor: Edy Yusmanto
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved