Breaking News:

Ini Dia Keunggulan Dari Pertalite, Pertamax Dibanding Premium Yang Disubsidi Pemerintah

Pengendara punya banyak pilihan dari penggunaan bahan bakar minyak (BBM) untuk kendaraanya, sehingga tidak hanya mengandalkan BBM subsidi pemerintah.

Ini Dia Keunggulan Dari Pertalite, Pertamax Dibanding Premium Yang Disubsidi Pemerintah
Ilustrasi petugas SPBU

POSBELITUNG.COM -- Pengendara kendaraan bermotor di Pulau Belitung, kini sudah punya pilihan lain, dalam penggunaan bahan bakar minyak (BBM) untuk kendaraan.

Selama ini ketersediaan BBM untuk kendaraan di Pulau Belitung disediakan oleh Pertamina, melalui penyalur Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan Agen Premium Minyak Solar (APMS) yakni BBM jenis Premium (bensin) subsidi, serta Pertamax non subsidi. Ada juga BBM jenis lain seperti Solar subsidi dan Solar non subsidi

Belakangan ini ada BBM non subsidi yang baru masuk Pulau Belitung yakni Pertalite. BBM jenis ini sudah lama dipasarkan oleh Pertamina di sejumlah SPBU di luar daerah termasuk di Pulau Bangka.

Namun baru pertama kali dipasarkan di Pulau Belitung, sejak Sabtu (19/11/2016) lalu diantaranya di SPBU Air Merbau Tanjungpandan, SPBU di Desa Padang Manggar.

Lantas apa perbedaan dari BBM jenis Premium, Pertamax dan Pertalite, selain dari harga Pertamax dan Pertalite lebih tinggi dibanding Premium yang masih disubsidi oleh pemerintah.

Seperti dikutip dari berbagai sumber, ketiga jenis BBM ini punya kelebihan dari kadar yang dikandung masing-masing.

Ketiga varian tersebut memiliki perbedaan oktan yang tipis Premium memiliki kadar oktan 88, Pertalite  kadar oktan 90, Pertamax dengan kadar oktan 92.

Perbedaan Pertamax, Pertalite dan Premium

1. BBM jenis Premium memiliki warna kuning cerah, hal tersebut di karenakan berasal dari zat pewarna tambahan (dye).

Sedangkan Pertalite mempunyai warna hijau terang sebagai dampak pencampuran antara bahan bakar Premium dengan Pertamax.

Halaman
1234
Penulis: Rusmiadi
Editor: Rusmiadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved