Breaking News:

Sering Gonta Ganting BBM Kendaraan? Ini Resikonya

Ketiga jenis BBM ini berbeda saat pembakaran di dalam ruang mesin kendaraan, sehingga mempengaruhi umur mesin, serta terutama tarikan kendaraan

Pengisian BBM di SPBU 

POSBELITUNG.COM -- Ada kebiasaan buruk dari pengendara kendaraan bermotor baik mobil maupun sepeda motor, dari penggunaan bahan bakar minyak (BBM) yang dikonsumsi oleh mesin kendaraan.

Kebiasaan buruk itu diantaranya mencampur atau gonta ganti jenis BBM yang digunakan untuk mesin kendaraan.

Padahal kadar oktan dari jenis BBM berbeda-beda, misalnya mengisi BBM dengan kadar oktan 92 lalu mencampurnya dengan BBM berkadar research octane number (RON) yang lebih rendah, seperti RON 90 pada BBM jenis Pertalite dan RON 88 di Premium atau bensin.

Ketiga jenis BBM ini berbeda saat pembakaran di dalam ruang mesin kendaraan, sehingga mempengaruhi umur mesin, serta terutama tarikan kendaraan. 

Anjar Rosjadi, Technical Service Executive Coordinator Astra Daihatsu Motor (ADM), menyarankan, sebaiknya jangan mencampur atau gonta-ganti BBM.

Karena mengakibatkan ruang bakar di mesin kendaraan menjadi kotor.

"Apalagi kalau sering menggunakan BBM dengan oktan rendah, kalau pakainya oktan tinggi justru bagus. Ini yang bahaya kalau mencampurnya dengan oktan lebih rendah," ujar Anjar di Sunter, Jakarta Utara, Kamis (24/11/2016).

Jika mengoplos BBM dari oktan tinggi ke rendah, menurut Anjar  efek yang akan dirasakan, yaitu ke bagian performa.

Tarikan mesinnya bisa lebih berat dengan menggunakan BBM oktan rendah, ketimbang pakai BBM dengan RON lebih besar.

"Lagipula jika awalnya pakai BBM RON 90, lalu dicampur dengan lebih tinggi, kualiasnya atau oktanya tidak semata-mata langsung bertambah," kata dia.

Anjar menyarankan, setiap pengguna mobil harus konsisten dalam mengisi BBM. Tujuannya, untuk menjaga kualitas, serta performa dari jantung pacu mobil tersebut. (Otomania.com/Aditya Mualana)

Editor: Rusmiadi
Sumber: Otomania
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved