Breaking News:

Ternyata Ini Manfaat Matahari Pagi Sebelum Pukul 09.00 Bagi Penderita Diabetes

Sebuah penelitian baru menemukan bahwa vitamin D yang didapatkan dari sinar matahari pagi dapat membantu penderita

net
Sinar matahari pagi punya banyak manfaat bagi tubuh manusia. Sinar matahari sebelum pukul 09.00 dapat menurunkan kadar kolesterol darah 

POSBELITUNG.COM - Sinar matahari pagi punya banyak manfaat bagi tubuh manusia. Sinar matahari sebelum pukul 09.00 dapat menurunkan kadar kolesterol darah, meningkatkan kualitas pernapasan, membuat tubuh menjadi lebih segar serta baik untuk kesehatan tulang.

Tidak hanya itu, sinar matahari cukup bermanfaat bagi penderita diabetes. Vitamin D pada sinar matahari dapat membantu meningkatkan kadar gula darah.

Baca: Hebatnya Wanita Keturunan Asia Ini, Ditunjuk Trump Jadi Menteri Transportasi

Sebuah penelitian baru menemukan bahwa vitamin D yang didapatkan dari sinar matahari pagi dapat membantu penderita diabetes tipe 2 dalam meningkatkan kadar gula darah mereka. Vitamin D bisa membantu sel-sel dalam tubuh yang bertugas memproduksi insulin untuk bekerja dengan baik.

Para peneliti dari Iran yang melibatkan 90 orang dengan diabetestipe 2 selama 12 minggu dengan pemberian vitamin D dan satu kelompok diberi vitamin D ditambah kalsium.

Para peneliti menemukan bahwa peserta yang mengambil vitamin D dengan atau tanpa kalsium memiliki tingkat gula darahyang secara signifikan lebih baik.

Baca: Lihat Ayahnya Ditangkap, Ini Perasaan Dul Jaelani

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Esther Krug, MD, ahli endokrinologi dari Rumah Sakit Sinai di Baltimore, yang mengatakan bahwa vitamin D memiliki peran aktif dalam mengatur sel beta pankreas yang berfungsi untuk membuat insulin, seperti dikutip oleh Men's Health.

Studi lain yang diterbitkan dalam Diabetes Care menunjukkan rendahnya tingkat vitamin D yang dapat membuat orang dewasa berisiko prediabetes dan prehipertensi.

Selain itu, mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin D dan kalsium dapat memperlambat perkembangan diabetes tipe 2. Karena hubungan ini, skrining defisiensi vitamin D pada orang dengan diabetes tipe 2 bisa dilakukan. Silakan olahraga pagi hari. (intisari)

Editor: Kamri
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved