Breaking News:

Bahaya! Ini Akibatnya Jika Anak Kecanduan Game Online

Dalam jangka pendek, anak yang kecanduan akan mengalami gangguan tidur, kurang nafsu makan, mengisolasi diri dan lupa waktu.

Editor: Edy Yusmanto
Facebook
Anak kecil sudah ketagihan gadget 

POSBELITUNG.COM - Kecanduan game online dapat memberikan dampak buruk dalam waktu dekat maupun dalam jangka waktu panjang seorang anak.

Dalam jangka pendek, anak yang kecanduan akan mengalami gangguan tidur, kurang nafsu makan, mengisolasi diri dan lupa waktu.

"Orangtua seringkali tidak menyadari bahwa waktu berlebih yang dihabiskan anak-anak  bermain game berdampak negatif masa depan anak, seperti kemampuan bersosialisasi yang rendah dan depresi," kata pengajar Social and Emotional Thinking (SET) Australian Independent School (AIS) Linzi Band di Jakarta, Rabu (7/12/2016).

Dalam jangka panjang, kecanduan ini dapat menyebabkan tingkat kesehatan anak turun akibat kurang tidur dan makan, yang juga bisa menjadikan anak lebih emosional dan tidak bisa konsentrasi terhadap akademiknya.

LInzi menyarankan sejumlah langkah bisa dilakukan orangtua untuk mengurangi kecanduan online anak.

Pertama, tunjukkan ketertarikan pada kegiatan si anak, contohnya dengan mencoba memahami daya tarik dari games online yang dimainkan oleh anak.  

Kedua,  batasi akses internet dengan sehat– mematikan WIFI pada jam tertentu.

Ketiga,  terapkan aturan kepada semua anggota keluarga untuk tidak menggunakan gadget pada jam tertentu, seperti saat makan, atau waktu keluarga.

Keempat, terapkan peraturan “matikan semua layar, termasuk TV, 30 menit sebelum tidur”

Kelima, sampaikan ke pihak sekolah untuk membantu mendukung pembatasan penggunan games online.

Halaman
12
Sumber: Tribun Solo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved