Breaking News:

Inilah Alasan SMA N 1 Gantung Tampilkan Dul Mulok

Semua pentas pada acara bertajuk "Lestari Budaya Negeri Sejuta Pelangi" itu dilakoni oleh siswa SMA N 1 Gantung.

Pos Belitung/Dedi Qurniawan
Caption:Lestari Seni-Budaya-- Dua orang siswa SMA N 1 Gantung sedang mementaskan Dul Mulok pada Traditional Art Festival yang dihelat SMA N 1 Gantung di auditorium Zahari MZ, komplek perkantoran Pemkab Beltim, Kamis (15/12/2016). (POSBELITUNG/DEDY QURNIAWAN) 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Dedy Qurniawan

POSBELITUNG.COM, BELITUNG TIMUR - Selain pentas Dul Mulok, SMA N 1 Gantung juga menampilkan Rudat Gamat Percussion dan Music Performance Etnic pada Traditional Art Festival yang dihelat SMA N 1 Gantung di auditorium Zahari MZ, komplek perkantoran Pemkab Beltim, Kamis (15/12/2016)

Semua pentas pada acara bertajuk "Lestari Budaya Negeri Sejuta Pelangi" itu dilakoni oleh siswa SMA N 1 Gantung.

Selain Bupati Beltim Yuslih Ihza, pentas seni tradisional ini juga dihadiri pejabat unsur Muspida, sejumlah siswa TK hingga SMP, para guru, dan kepala sekolah.

"Mengapa kami harus mengangkat Dul Mulok, menurut kami kesenian itu sudah jarang ditampilkan kepada khalayak ramai. Kalaupun ditampilkan masih didominasi oleh para orang tua. Pelajar perlu dipandang sebagai pewaris, proses regenerasi, dan diberikan tempat untuk berekspresi dan berkreatifitas," ujar Kepala SMA N 1 Gantung Sabarudin kepada Pos Belitung, Kamis (15/12/2016)

Dia menyebut sekitar seribuan penonton hadir pada acara tersebut.

SMA N 1 Gantung berharap kegiatan serupa itu dapat memberikan tempat bagi siswa untuk berekspresi dan melestarikan warisan nilai budaya Belitong.

"Mereka bisa menjadi garda terdepan dalam pelestarian budaya. Sangar-sanggar seni di sekolah perlu dijalankan dan melibatkan para pelaku seni dan budayawan Belitong sebagai mentornya. Ini penting agar wisata pantai dan kuliner Belitong memiliki variasi warna. Wisatawan punya banyak pilihan dan betah mengeksplores Negeri Laskar Pelangi," tutur Sabarudin

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: Edy Yusmanto
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved