Breaking News:

Sering Muncul Awan Gelap, Perairan Bangka Belitung Masuk Zona Waspada

Awan gelap yang terdeteksi, kata Nurhuda, merupakan jenis awan cumulonimbus, yang dikenal sebagai awan yang memproduksi hujan, badai dan petir.

Editor: Kamri
Sering Muncul Awan Gelap, Perairan Bangka Belitung Masuk Zona Waspada
logo BMKG

POSBELITUNG.COM, PANGKALPINANG - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkalpinang merilis jalur pelayaran di sepanjang perairan Kepulauan Bangka Belitung menjadi salah satu zona yang mesti diwaspadai, menyusul kerap terjadi pembentukan awan gelap dan hujan dengan intensitas tinggi.

“Perubahan cuaca bisa terjadi setiap saat. Intensitas hujan saat ini tercatat 250 sampai 400 milimeter per bulan,” kata Kepala BMKG Pangkalpinang, M Nurhuda kepada Kompas.com, Sabtu (18/12/2016).

Baca: Anda Tak Perlu Kacamata Baca, Cukup Unduh Aplikasi Baru Ini

BMKG mengingatkan, curah hujan yang tinggi perlu diwaspadai masyarakat nelayan serta penyedia transportasi penyeberangan. Gelombang tinggi tercatat 1 hingga 2 meter.

Awan gelap yang terdeteksi, kata Nurhuda, merupakan jenis awancumulonimbus, yang dikenal sebagai awan yang memproduksi hujan, badai dan petir.

“Kami sudah ingatkan Desember sampai Januari, wilayah Kepulauan Bangka Belitung masuk dalam cuaca ekstrem,” ujar Nurhuda.

Baca: Kepala Daerah Yang Tersangkut Kasus Korupsi di 2016

Selain hujan lebat dan gelombang tinggi, masyarakat juga diminta waspada akan bahaya petir. Masyarakat disarankan untuk tidak berkegiatan di ruang terbuka saat kondisi cuaca sudah mulai mendung.

Hembusan angin dilaporkan bergerak dari bagian barat Sumatera dan dari arah Laut China Selatan. Angin ini dikenal juga dengan angin utara yang bagi masyarakat nelayan dikenal sejak lama sebagai musim sulit mendapat ikan. (Heru Dahnur)

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved