Breaking News:

Produk Lada Belitung Tembus Pasar Eropa, Ini Sosok Pelaku UMKM Pemilik Brand 'Murni'

Cucu mengatakan untuk bahan baku lada sendiri, berasal dari perkebunan yang dimilikinya. Semua proses dia jalankan sendiri melalui home industry.

Pos Belitung/Krisyanidayati
Cucu, eksportir produk lada Belitung. 

Laporan wartawan Pos Belitung, Krisyanidayati

POS BELITUNG.COM, BELITUNG - Sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini sudah banyak yang bisa menembus pasar internasional.

Cucu Mariati salah satu pelaku UMKM yang produknya berhasil menembus pasar internasional, sejak tiga tahun terakhir dirinya berhasil mengkespor produk UMKM hingga ke Belanda dan Turki.

Wanita yang sejak tahun 2013 lalu ini menggeluti bisnis lada dengan brand "Murni" memilik empat produk yang di ekspor diantaranya ialah lada bubuk putih, lada biji putih, kada bubuk hitam dan lada bubuk hitam.

Sebelumnya ia hanya memenuhi kebutuhan lokal dengan menitipkan produk-produknya di toko oleh-oleh di Belitung dan Belitung Timur.

Tak berselang lama dirinya mengepakkan sayap bisnisnya dengan menitipkan produknya ke salah satu mall di Jakarta, dibantu dengan promosi dari sang anak, dirinya berhasil mengirim produknya hingga ke dua negara itu.

"Skalanya memang tidak banyak hanya perorangan yang minta, dan kita kirim. Itu juga anak saya yang bantu promosi ke temannya kemudian ada chanel sehingga ada permintaan ke luar negeri," katanya saat ditemui Pos Belitung, saat mengikuti workhshop UMKM Hebat di Bahamas, Selasa (17/1).

Cucu mengatakan untuk bahan baku lada sendiri, berasal dari perkebunan yang dimilikinya. Semua proses dia jalankan sendiri melalui home industry.

Sehingga dirinya tidak ketergantungan dengan pihak lain untuk bahan baku, ia pun dapat menjamin kualitas bahan baku.

"Punya kebun sendiri, mulai dari pembibitan, sampai panen itu kita tau prosesnya. Untuk pengolahannya juga kita punya alat sendiri untuk mengeringkan kita ada alat kayak oven, dan untuk lada hitam itu bukan dari lada yang jatuh dibawah tapi memang lada tua yang kita petik, jadi kualitasnya bagus," tambahnya.

Halaman
12
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved