Breaking News:

Manchester United Geser Real Madrid Sebagai Klub Terkaya Dunia

Terdapat tiga indikator pendapatan yang menjadi penilaian Deloitte, yakni dari pertandingan, hak siar, dan iklan.

Editor: Edy Yusmanto
MICHAEL STEELE/GETTY IMAGES
Pemain MANCHESTER UNITED, Zlatan Ibrahimovic (kiri) dan Paul Pogba, beraksi dalam pertandingan Premier League kontra Southampton di Old Trafford, Manchester, Inggris, 19 Agustus 2016. 

POSBELITUNG.COM - Manchester United menggantikan posisi Real Madrid sebagai klub sepak bola terkaya di dunia menurut daftar Football Money League 2017 yang dirilis Deloitte.

Berdasarkan laporan perusahaan akuntan terkemuka asal Inggris itu, Manchester United meraup pendapatan hingga 689 juta euro (Rp 9,7 triliun) pada sepanjang musim 2015-2016.

Faktor paling menentukan adalah keikutsertaan Manchester United pada Liga Champions 2015-2016, meskipun ketika itu tim besutan Louis van Gaal tersingkir di fase grup.

Terdapat tiga indikator pendapatan yang menjadi penilaian Deloitte, yakni dari pertandingan, hak siar, dan iklan.

Deloitte menyebutkan bahwa angka yang diraih Setan Merah pada 2015-2016 merupakan pendapatan terbesar yang pernah dicapai oleh sebuah klub sepak bola.

Bagi Manchester United sendiri, berada di urutan pertama dalam daftar DeloitteFootball Money League adalah yang kali pertama sejak musim 2003-2004.

"Kemampuan Manchester United dalam mengamankan kemitraan komersial telah menjadi faktor penting yang memungkinkan mereka mendapatkan kembali posisi teratas," kata Dan Jones selaku pengamat bisnis olahraga dari Deloitte

Sementara itu, Real Madrid yang menduduki posisi teratas dalam 11 musim terakhir, tahun ini melorot ke posisi ketiga dengan jumlah keuntungan 620,1 juta euro (Rp 8,813 miliar).

Lantas, siapakah klub yang berada di urutan kedua? Dia adalah FC Barcelona, rival abadi Real Madrid di La Liga.

El Barca mempertahankan posisinya sebagai runner-up berkat nilai keuntungan yang sedikit di atas Real Madrid, yakni 620,2 juta euro atau sekitar Rp 8,814 miliar.

Meski demikian, Jones menuturkan bahwa posisi Manchester United bisa terancam pada tahun depan karena absennya Wayne Rooney dkk di Liga Champions musim ini.

Di sisi lain,LEICESTER CITY muncul sebagai pendatang baru dalam daftar DeloitteFootball Money League.

Keberhasilan tim asuhan Claudio Ranieri menjuaraiPREMIER LEAGUE 2015-2016 membawa mereka menempati posisi ke-20 dengan jumlah pendapatan 172,1 juta euro (Rp 2,4 miliar).

Sumber: Tribun Sumsel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved