Breaking News:

Surat Inilah yang Bikin Pembeli Yakin Itu Mobil Pribadi Terduga Penipu

Pasalnya, dua terduga penipuan mobil rental ini bisa menggadaikan mobil sewaannya sangat mudah sekali lantaran memegang surat tersebut (STNK).

Pos Belitung/Disa Aryandi
Terduga penipuan mobil rental Marzuki, Jumat (20/1/2017) ketika diamankan Polres Belitung. Pos Belitung/Disa Aryandi 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Disa Aryandi

POSBELITUNG.COM, BELITUNG -- Kepemilikan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) asli atas mobil avanza merah milik korban Hasniah menarik untuk ditelusuri.

Pasalnya, dua terduga penipuan mobil rental ini bisa menggadaikan mobil sewaannya sangat mudah sekali lantaran memegang surat tersebut (STNK).

Kasat Reskrim Polres Belitung, AKP Chandra Mata Rohansyah menceritakan awalnya pembeli tidak tertarik dan tidak yakin untuk membeli mobil yang digadaikan Marzuki dan Tedi. Namun, karena keduanya bisa menunjukan STNK, maka pembeli jadi berminat.

Baca: Gara-gara Ini, Dua Pria yang Tinggal di Pulau Bangka Gadai Mobil Sewaan

"Itu (STNK) yang membuat penerima mobil tersebut yakin, ditambah pelaku menyakinkan penerima mobil itu bahwa mobil itu adalah mobil pribadi Marzuki," kata Chandra kepada Pos Belitung Jumat (20/1/2017).

Kepada pemilik mobil Kata Chandra dua penipu ini merental selama satu minggu. Pada kesepakatan itu masih diselidiki apakah tujuan peminjaman kendaraan selama itu. 

Baca: Dua Terduga Penipu Mobil Rental Ditangkap Polisi

"Modus dia berpura-pura rental mobil selama satu minggu. Setelah mendapatkan mobil itu, langsung dibawa ke Madura untuk digadaikan," ungkap Chandra.

Dua pelaku yang diamankan polisi itu, Marzuki (38) warga Desa Payung, Kecamatan Payung, Kabupaten Bangka Selatan dan Tedi (33) warga Kelurahan Melintang, Kecamatan Rangkui, Kota Madya Pangkalpinang.

Dua orang ini ditangkap polisi sepekan lalu. Polres Belitung mengungkap pelaku Marzuki bekerjasama dengan Polsek Payung.

Baca: Pura-pura Rental, Dua Pria Ini Gadaikan Mobilnya Rp 16 Juta

"Untuk pertama kali yang tiba di Belitung setelah kami tangkap pelaku Tedi. Habis itu kami mencari barang bukti, dengan membawa pelaku Marzuki di Madura," ujarnya.

Dari hasil keterangan pelaku, penerima mobil yang digadaikan dua pelaku itu tidak mengetahui bahwa mobil tersebut merupakan mobil rental. Pasalnya pelaku menyertakan STNK asli untuk digadaikan. (*).

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Edy Yusmanto
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved