DLHD Ajak Kades dan Lurah se Tanjungpandan Petakan Titik Pembuangan Sampah

Hasil pertemuan tersebut nantinya akan bermanfaat sebagai pemetaan untuk menentukan kebutuhan suatu wilayah terhadap TPS.

DLHD Ajak Kades dan Lurah se Tanjungpandan Petakan Titik Pembuangan Sampah
Pos Belitung/Dede Suhendar
Petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) Kabupaten Belitung membersihkan TPS di Jalan Melati, Kelurahan Parit, Kecamatan Tanjungpandan, Rabu (25/1/2017). 

Laporan Wartawan Pos Belitung Dede Suhendar

POSBELITUNG.COM, BELITUNG -- Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) Kabupaten Belitung dalam waktu dekat akan mengundang seluruh kepala desa dan lurah se Kecamatan Tanjungpandan.

Tujuannya untuk mengetahui titik-titik yang menjadi lokasi pembuangan sampah.

Hasil pertemuan tersebut nantinya akan bermanfaat sebagai pemetaan untuk menentukan kebutuhan suatu wilayah terhadap TPS.

"Nanti mereka akan kami ajak rapat dan kami petakan dulu. Misalnya Kelurahan Parit ini ada berapa titik, terus apakah nanti lokasi representatif atau tidak," ujar Kepala DLHD, Ubaidillah, Rabu (25/1/2017).

Selain itu, kata Ubai pemetaan tersebut juga akan menjadi dasar bagi DLHD untuk pengadaan TPS baru, baik berbentuk beton atau kontainer. Karena masyarakat sering menolak ketika di sekitar tempat tinggalnya di bangun TPS.

Baca: DLHD Berencana Gandeng Komunitas untuk Tuntaskan Masalah Sampah

"Nanti kita lihat dari pemetaan itu, apakah kebutuhannya beton atau kontainer," katanya.

Menurutnya jika kinerja komunitas sudah maksimal, sebenarnya keberadaan TPS tidak terlalu dibutuhkan. Pasalnya, mereka bisa langsung mengangkut sampah dari rumah warga langsung menuju TPA.

Terutama jika komunitas tersebut sudah memilih perlengkapan yang memadai, seperti kendaraan.

"Jadi nanti kami tinggal mengawasi dan membina saja. Karena dalam pengelolaan sampah ini kan ada nilai ekonomisnya," katanya.

Penulis: Dede Suhendar
Editor: edy yusmanto
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved