DLHD Berencana Gandeng Komunitas untuk Tuntaskan Masalah Sampah

komunitas tersebut nantinya akan mengangkut sampah dari rumah warga menuju TPS. Kemudian disambung oleh petugas kebersihan yang mengangkut ke TPA.

DLHD Berencana Gandeng Komunitas untuk Tuntaskan Masalah Sampah
Posbelitung.com/Disa Aryandi
Potongan video Kepala BLHD Kabupaten Belitung Ubaidillah ketika memberikan pernyataan soal masalah pencemaran akibat limbah sawit PT Foresta Lestari Dwikarya, Rabu (11/5/2016) 

Laporan Wartawan Pos Belitung Dede Suhendar

POSBELITUNG.COM, BELITUNG -- Dalam penataan masalah sampah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD), Ubaidillah berharap munculnya komunitas pengelola sampah di masyarakat.

Menurut Ubai, komunitas tersebut nantinya akan mengangkut sampah dari rumah warga menuju Tempat Pembuangan Sementara (TPS). Kemudian disambung oleh petugas kebersihan yang mengangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

"Kalau ada kontribusi (uang iuran) untuk komunitas itu silahkan saja. Tapi mereka harus pahami, kalau dari TPS ke TPA itu hak pemerintah dan ada retribusinya (pungutan uang yang ditarik oleh pemerintah)," ujarnya saat ditemui posbelitung.com, Rabu (25/1/2017).

Retribusi kepada pemerintah, DLHD berupaya mencari kesepakatan dengan komunitas. Sehingga kedua belah sama-sama diuntungkan dalam mengelola sampah tersebut.

Selain itu, dirinya menyarankan kepada komunitas pengelola sampah menyediakan karung atau semacamnya yang diberikan kepada para pelanggan. Tujuannya agar sampah yang dibuang di TPS tidak berhamburan dan memudahkan pengangkutannya.

"Kalau pakai kresek itu nanti sobek dan sampahnya berhamburan di TPS. Apalagi kebanyakan warga yang membuangnya sambil di lempar," katanya.

Penulis: Dede Suhendar
Editor: edy yusmanto
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved