Breaking News:

Rumah Warga di Air Rayak Banjir Karena Ini Terjadi

Sebenarnya Apri sudah tidak kaget dengan musibah banjir yang menggenangi tempat tinggalnya. Karena kejadian tersebut bukan yang pertama kali terjadi.

Pos Belitung/Dede Suhendar
Kondisi rumah Indrawan (hijau) Ketua RT 16/RW 06, Dusun Barat III, Desa Aik Rayak dan Apri (putih) terendam banjir, Senin (30/1/2017). 

Laporan Wartawan Pos Belitung Dede Suhendar

POSBELITUNG.COM, BELITUNG -- Pertemuan aliran air dari arah Kolong Keramik dan Desa Air Merbau menyebabkan Sungai Aik Rayak meluap, ditambah naiknya debit air karena guyuran hujan lebat beberapa waktu lalu.

Diduga kuat menjadi faktor banjir terjadi.

"Memang di belakang rumah ada pertigaan sungai, ketemunya di sungai Aik Rayak. Jadi ketika debit airnya tinggi pasti meluap," ujar Apri, anak kedua dari Indrawan, Ketua RT 16/RW 06 Aik Rayak, Dusun Barat III yang terendam banjir saat ditemui posbelitung.com, Senin (30/1/2017).

Sebenarnya Apri sudah tidak kaget dengan musibah banjir yang menggenangi tempat tinggalnya. Karena kejadian tersebut bukan yang pertama kali terjadi.

Menurut ingatannya, hanya dua tahun belakangan kediamannya absen dari musibah banjir.

"Kalau masuk musim hujan biasanya banjir, cuman tahun kemarin yang tidak," katanya.

Akibat kebiasaan itu, kata dia, keluarganya sudah paham kapan Sungai Aik Rayak akan meluap. Salah satunya dengan menggaris di dinding rumah menggunakan spidol. Jika air sudah melewati batas tersebut, maka kemungkinan besar banjir akan terjadi.

Kemudian, para penghuni rumah segera berkemas perabotan agar tidak tergenang air.

"Karena banjir di sini tidak langsung naik tapi pelan. Biasanya kalau hujan sudah reda, air baru mulai naik," katanya.

Penulis: Dede Suhendar
Editor: Edy Yusmanto
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved