Breaking News:

Buah Ini Jadi Penyebab Munculnya Penyakit Misterius, Benarkah?

Pertama-tama akan muncul demam dan kejang-kejang. Tak berhenti di situ, setelah itu mereka akan berada dalam kondisi setengah sadar setengah tidak.

Editor: Edy Yusmanto
Cnn
Leci, dianggap sebagai penyebab munculnya penyakit misterius di India. 

POSBELITUNG.COM - Sekitar Mei dan Juni setiap tahun, sejumlah besar anak-anak di India akan mulai terserang penyakit misterius.

Pertama-tama akan muncul demam dan kejang-kejang. Tak berhenti di situ, setelah itu mereka akan berada dalam kondisi setengah sadar setengah tidak.

Orang-orang lokal menyebut penyakit ini sebagai “chamki ki bimari” alias “penyakit perada”.

Pada 2014, ratusan anak-anak dirawat di rumah sakit dengan gejala yang disebut di atas. 390 dari mereka bisa diobati, sementara 122 anak lainnya meninggal dunia.

Tim peneliti dan paramedis sudah berusaha mencari penyebabnya, tetapi tak kunjung berhasil. Hingga sekarang.

Sebuah laporan terbaru yang dipublikasikan dalam The Lancet Global Health yang terbit Selasa (31/1) mengklaim telah menemukan penyebabnya: leci.

Selain itu, panas, kelembaban, kurangnya nutrisi, angin musim, dan pestisida, juga disebut menjadi penyebab lain.

Buah pembunuh?

Peneliti dari Centers for Disease Control and Prevention AS dan National Centre for Disease Control India telah membandingkan anak-anak yang mempunyai gejala penyakit misterius itu dengan mereka yang tidak.

Analisis darah dan sampel cairan tulang belakang nyatanya tidak menunjukkan tanda-tanda infeksi atau paparan bahan kimia dan pestisida.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved