Breaking News:

Bupati Belitung: Orangtua Jangan Hanya Bikin Anak, Tapi Harus Diurus

Menurutnya, orang justru memiliki peran yang vital untuk mengawasi agar anak-anak tidak terjerumus pada kenakalan remaja.

Pos Belitung/Krisyanidayati
Bupati Belitung, Sahani Saleh. Pos Belitung/Krisyanidayati 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Krisyanidayati

POSBELITUNG.COM, BELITUNG - Bupati Belitung Sahani Saleh tak memungkiri tingginya angka kenakalan remaja yang berdampak pada pernikahan dini di Negeri Laskar Pelangi itu.

Orang nomor satu di Belitung itu mengatakan, untuk mengatasi persoalan sosial itu tidak bisa hanya dibebankan pada pemerintah.

Menurutnya, orang justru memiliki peran yang vital untuk mengawasi agar anak-anak tidak terjerumus pada kenakalan remaja.

"Kami ini dari pemda selain sosiliasi melalui sekolah, kami mengajak orang tua itu untuk peduli pada anak karena ini tidak terlepas dari peran orang tua. Kalau anaknya terlibat kenakalan remaja atau pernikahan dini berarti orang tua gak sayang sama anaknya karena tidak dijaga dari awal," kata lelaki yang akrab disapa Sanem saat ditemui Pos Belitung, Senin (13/2/2017).

Menurutnya unit terkecil pengawasan anak berada di keluarga, oleh karena itu penanaman nilai moral dan pergaulan harus diajarkan orangtua, untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan yang dapat merusak masa depan anak.

"Kami menghimbau orang tua lah, jangan disalahkan pemerintah apa lagi bupati anak-anaknya macem, orang tua itu sendiri yang harus bertanggungjawab, jadi orang tua itu bukan hanya bikin anaknya tapi juga harus diurus," ujar sanem.

Ia mengatakan orang tau harus proaktif, jika anak-anak belum tiba dirumah hingga larut malam.

"Kalau lah jam 10 jangan dibiarkan lagi diluar, apalagi anak-anak orangtuanya harus cari. Jangan suruh PoL PP nyarinya, ini kalau Pol PP nyarinya anaknya dibawa Pol PP baru marah-marah," kata Sanem.

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved