Breaking News:

Pilgub Babel 2017

"Pak KPU, Bagaimana Kalau Belum Dapat Surat atau Undangan Pemberitahuan Memilih?"

Beberapa di antara sebabnya, kata dia, adalah karena pemilih mungkin tidak berada di tempat saat didatangi oleh petugas KPPS.

Penulis: Dedi Qurniawan |
POS BELITUNG/DEDY QURNIAWAN
Ketua KPU Beltim Pirmawan 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Dedy Qurniawan

POSBELITUNG.COM, BELITUNG TIMUR - Ketua KPU Beltim Pirmawan menjelaskan ada beberapa kemungkinan penyebab sehingga pemilih di Beltim belum menerima surat pemberitahuan memilih pada pencoblosan Pilgub Babel 2017, Rabu (15/2/2017) mendatang.

Surat pemberitahuan ini sering juga disebut dengan surat C6.

Pirmawan mengakui kemungkinan adanya keluhan tersebut di Beltim.

Hal ini ia sampaikan pada diskusi yang digelar KPU Beltim dengan tajuk Begalor Warung Kopi di Warkop Saridini, kawasan Bandung River, Kecamatan Manggar, Senin (13/2/2017).

Beberapa di antara sebabnya, kata dia, adalah karena pemilih mungkin tidak berada di tempat saat didatangi oleh petugas KPPS.

Sebab kedua, adalah, karena belum terdaftar di Daftar Pemilih.

Menurut Pirmawan, ketentuan mengatur, C6 yang belum tersampaikan kepada pemilih wajib dikembalikan kepada KPPS dan dibuatkan dalam berita acara.

"Jadi jika ada keluhan-keluhan belum mendapatkan C6, itu bisa menghubungi KPPS atau PPS terdekat. Kami bisa carikan solusinya. Kami juga akan berkoordinasi dengan KPPS atau PPS," kata dia.

Kemudian, Pirmawan lanjutkan, jika ada pemilih yang baru tahu bahwa tidak menerima C6 lalu ke kantor desa setempat dan ternyata tidak terdaftar dalam Daftar Pemilih, maka pemilih tersebut masih memiliki kesempatan mencoblos pada hari pencoblosan, Rabu (15/2/2017).

Asalkan, syarat mutlaknya adalah harus memiliki EKTP.

"Itu (punya EKTP tapi tidak terdaftar di daftar pemilih) tidak masalah dan dapat mendatangi TPS terdekat sesuai alamat yang dalam EKTP. Lalau bagaimana seandainya belum ada EKTP dan belum terdaftar, itu solusinya bisa mendatangi Disdukcapil Beltim untuk meminta Suket. Mereka sudah ada desk khusus terkait ini, mereka akan melayani pemilih yang tidak memiliki KTP tetapi dipastikan mereka memang berdomisili di Beltim, jadi bisa hubungi Disdukcapil untuk membuat Suket. Suket ini bisa datang langsung ke TPS dengan catatan waktu mencoblos antara pukul 12.00 sampai 13.00 WIB," beber Pirmawan.

Kemudian, Pirmawan menjelaskan, jika pemilih memiliki kasus lupa menaruh atau kehilangan C6, maka pemilih tersebut dapat langsung mendatangi TPS terdeket dengan menunjukkan EKTP.

"Nanti akan diarahkan petugas dengan melihat nama yang bersangkutan apakah terdaftar di DPT," ujar Pirmawan. (*)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved