Breaking News:

Pilgub Babel 2017

Tingkat Partisipasi Pemilih di Belitung Urutan Kedua se-Babel

Pasalnya, secara nasional, KPU menetapkan target 72 persen dan di tingkat provinsi berada di angka 75 persen.

Pos Belitung/Dede Suhendar
Caption Ketua KPU Kabupaten Belitung, Soni Kurniawan menyaksikan penandatangan berita acara hasil rapat pleno terbuka oleh perwakilan Panwaslu Kabupaten Belitung di Hotel Bahamas, Kamis (23/2/2017). (Pos Belitung/Dede Suhendar) 

Laporan Wartawan Pos Belitung Dede Suhendar

POSBELITUNG.COM, BELITUNG -- Berdasarkan hasil rapat pleno terbuka KPU Kabupaten Belitung, prosentase tingkat partisipasi pemilih di Negeri Laskar Pelangi mencapai 69,5 persen.

Menurut Ketua KPU Kabupaten Belitung, Soni Kurniawan, jika melihat secara keseluruhan dari enam kabupaten/kota di Provinsi Kepulauan Babel, Belitung menempati urutan kedua di bawah Belitung Timur.

"Jadi secara keseluruhan di Babel ini, Beltim yang tertinggi tingkat partisipasinya 70,4 persen. Kita, Belitung urutan kedua 69,5 persen," ujar Soni saat ditemui posbelitung.com, Kamis (23/2/201).

Akan tetapi, dirinya mengakui jika berbicara target memang tidak terpenuhi. Pasalnya, secara nasional, KPU menetapkan target 72 persen dan di tingkat provinsi berada di angka 75 persen.

Soni menjelaskan, faktor cuaca menjadi kendala utama yang menyebabkan target tersebut tidak tercapai.

"Kita ketahui bersama lah pada hari pencoblosan kemarin yang mejadi kendalanya hujan, jadi menghalangi pemilih datang ke TPS," katanya.

Meskipun demikian, Soni mengklaim bahwa seluruh upaya yang telah dilakukan pihak penyelenggara maupun panitia adhock sudah maksimal. Hal ini dibuktikan dengan penguasaan teknis pemahaman terhadap perhitungan juga sudah maksimal.

"Tapi untuk penyelenggaraan Pilkada selanjutnya tetap ada beberapa poin yang akan dievaluasi," katanya.

Penulis: Dede Suhendar
Editor: Edy Yusmanto
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved