Anda Sakit Mata, Segera Lakukan Ini

Ia menyarankan agar penderita penyakit tersebut lebih banyak istirahat di rumah. Pasalnya penyakit yang membuat bola mata merah itu mudah menular.

Anda Sakit Mata, Segera Lakukan Ini
Pos Belitung/Dede Suhendar
Tedja penderita penyakit mata atau Conjunctivitis cataralis akut. (Pos Belitung/Dede Suhendar) 

Laporan Wartawan Pos Belitung Dede Suhendar

POSBELITUNG.COM, BELITUNG -- Sakit mata atau dalam istilah medis Conjunctivitis Cataralis Akut, mulai menjangkit di wilayah Kota Tanjungpandan.

Penyebaran penyakit dengan gejala mata perih, gatal dan membuat penglihatan silau itu mulai terdengar di telinga Kepala Dinas Kesehatan, Kabupaten Belitung, dr Suhandri SpOg.

Ia menyarankan agar penderita penyakit tersebut lebih banyak istirahat di rumah. Pasalnya penyakit yang membuat bola mata merah itu mudah menular.

"Kalau ada pelajar yang kena lebih baik di rumahkan dulu. Tujuannya untuk mencegah penularan kepada yang lain," ujarnya saat dihubungi posbelitung.com, Senin (27/2/2017).

Suhandri menjelaskan, Conjunctivitis cataralis akut disebabkan oleh virus dan mudah sekali menyebar melalui udara. Oleh sebab itu, jika dalam satu keluarga sudah terinfeksi, maka akan cepat menular kepada anggota keluarga lainnya.

Meskipun demikian, lanjutnya, jangka waktu penyakit tersebut tidak berangsur lama. Rata-rata pasien terinfeksi selama satu minggu.

"Intinya kalau daya tahan tubuh sudah normal penyakit itu sembuh sendiri. Rata-rata memang satu hanya satu minggu," katanya.

Jenis dan Cara Mengatasi

Sebagian sakit mata tidak bersifat menular sehingga pengidapnya dapat tetap beraktivitas selama penglihatannya masih baik. Tetapi ada beberapa jenis sakit mata yang membuat seseorang yang mengidapnya disarankan untuk menunda aktivitas di kantor atau di sekolah terlebih dahulu agar orang lain tidak tertular.

Halaman
1234
Penulis: Dede Suhendar
Editor: edy yusmanto
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved