Breaking News:

Isyak Meirobie Sarankan Pemda Bidik Turis dari Kapal Pesiar untuk Pariwisata Belitung

Isyak mengatakan pemerintah daerah harus merangsang para travel agent untuk mencoba membuka atau menjalin kerjasama dengan agent luar...

Pos Belitung/Krisyanidayati
Isyak Meirobie 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Krisyanidayati

POSBELITUNG.COM, BELITUNG - Wakil Ketua DPRD Kabupaten Belitung, Isyak Meirobie mengatakan pemerintah daerah harus aktif dalam mempromosikan Belitung kepada wisatawan yang datang dengan menggunakan kapal pesiar.

Hal ini diutarakan Isyak saat menyambut sekitar 50 wisatawan yang menumpang Coral Discoveria untuk singgah di Negeri Laskar Pelangi, Selasa (28/2/2017) di Lemadang Resto.

Isyak mengatakan pemerintah daerah harus merangsang para travel agent untuk mencoba membuka atau menjalin kerjasama dengan agent luar agar dapat menjadikan Belitung sebagai salah satu destinasi persinggahan kapal pesiar.

"Ini penting dan harus dibidik, misalnya untuk menutupi low season, untuk memperbanyak jumlah wisatawan yang hadir, mereka ini akan memiliki kesan yang berbeda karena masuk jalur laut pasti mereka melihat sisi yang berbeda," kata Isyak.

Untuk membuka jalur ini, menurutnya pemda harus memberikan rangsangan terlebih dahulu misalnya dengan melakukan promosi ke beberapa negara.

"Harus ada rangsangan dulu dari pemda, misalnya memberikan subsidi kepada travel agent yang bisa membawa turis dengan cruise misalnya memberikan keringanan dalam hal pajak, supaya ini menjadi hidup," katanya.

Ia juga berharap pemerintah berperan dalam hal membuka jalur ini, sehingga pariwisata di Belitung semakin mendunia.

Tak hanya itu, menurutnya para travel agent perlu didorong untuk membuka trip cruise ini.

"Pemda harus buka itu, jangan bicara keuntungan, kita harus bisa mendorong travel agent dari luar atau dalem untuk membuka jalur. Misalnya pemda memberikan keringanan pajak, ada diskon khsusus, subsidi ini bisa dari pemda maupin restoran. Atau pemda support di Souvenir khusus untuk tamu, ada pancingan subsidi bisa merangsang lahirnya pelaku wisata yang cruise," katanya.

Halaman
12
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved