Ketua MKKS Sebut Kebutuhan SMA/SMK Belum Terpenuhi, Sekolah Boleh Pungut Iuran

Ia menjelaskan pemerintah provinsi telah menggelontorkan dana operasional sekolah, untuk membantu memenuhi kebutuhan sekolah.

Ketua MKKS Sebut Kebutuhan SMA/SMK Belum Terpenuhi, Sekolah Boleh Pungut Iuran
Tribun Jabar/Gani Kurniawan
Ilustrasi - Pelajar SMA. 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Krisyanidayati

POSBELITUNG.COM, BELITUNG - Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah SMA Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kunlistiani mengatakan berdasarkan PP No 75 Tahun 2016, sekolah memang tidak boleh lagi menggunakan dana komite.

Kendati demikian untuk jenjang SMA/SMK ada PP Nomor 48 Tahun 2008 pasal 51 dan 52 yang menyatakan bahwa sekolah boleh memungut iuran dengan catatan.

Bahwa sekolah harus menyusun rencana anggaran kebutuhan sekolah. Selain itu dana iuran itu boleh dipungit apabila dana yang dibutuhkan tidak ada dalam pos APBD, APBN maupn operasional yang diberikan provinsi.

Iuran itu tidak diperbolehkan kepada siswa yang tidak mampu.

"Kalau untuk SMA itu yang boleh memungut itu sekolah, bukan komite. Kalau komite boleh membantu sekolah dengan fungsi lainnya dengan membantu. Kalau mau membantu sekolah tidak boleh melibatkan unsur yang ada di sekolah, tapi mencari donator lain," kata kunlistiani saat dihubungi Pos Belitung, Kamis (2/3/2017).

Kun mengatakan tidak semua anggaran sekolah terpenuhi oleh APBN, APBD, dan dana operasional dari provinsi. Salah satunya ialah dana tenaga honorer.

Ia menjelaskan pemerintah provinsi telah menggelontorkan dana operasional sekolah, untuk membantu memenuhi kebutuhan sekolah.

Namun, dana itu belum dapat mengakomodir semua kebutuhan sekolah.

"Dana operasional yang diberikan provinsi sudah membantu sekolah, namun ada hal-hal yang tidak diakomodir karena akun yang tidak bisa dipakai untuk pembayaran honor semuanya. Ketentuan provinsi ketika membayar honor yang ditanggung itu yang sudah sejak tahun 2015 dan yang mengajar 24 jam, yang kurang dari itu dibayar sekolah. Nah sekolah ini kan bayarnya dari pungutan yang dilakukan untuk operasional sekolah," katanya.

Halaman
123
Penulis: krisyanidayati
Editor: aladhi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved