Breaking News:

Desa se Belitung Terima Duit Rp 1,2 Milyar

Kemudian, dalam pengelolaannya, ADD diprioritaskan untuk empat item, yaitu pemenuhan kebutuhan dasar, pembangunan sarana dan prasarana desa

Penulis: Dede Suhendar | Editor: Edy Yusmanto
Ilustrasi Dana Desa 

Laporan Wartawan Pos Belitung Dede Suhendar

POSBELITUNG.COM, BELITUNG -- Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Belitung Nurman Sunanda mengatakan, khusus Anggaran Dana Desa (ADD) dari Pemkab Belitung ditetapkan paling sedikit 10 persen dari bagian dana perimbangan keuangan pusat dan daerah yang diterima pemkab dikurangi DAU.

Nurman mengatakan, jumlah ADD tahun anggaran 2017 ditetapkan sebesar Rp 51.505.797.000 yang dibagikan kepada 42 desa se-Kabupaten Belitung. Akumulasinya, rata-rata setiap desa menerima anggaran sekitar Rp 1,2 milyar

Baca: Raja Salman Tertarik Investasi Pariwisata dan Kilang Minyak di Belitung?

Baca: Proses APBDes Tahun 2017 Lebih Cepat, Ini Alasannya

"Kalau pembagiannya berdasarkan asas merata dan proporsiaonal. 90 persen dibagikan merata (sama) dan 10 persennya dibagi berdasarkan bobot desa dari variable jumlah penduduk, luas wilayah, persentase rumah tangga miskin dan indeks kesulitan geografis," katanya, Senin (6/3/2017).

Kemudian, dalam pengelolaannya, ADD diprioritaskan untuk empat item, yaitu pemenuhan kebutuhan dasar, pembangunan sarpras (sarana dan prasarana) desa, pengembangan ekonomi lokal dan pemanfaatan SDA dan lingkungan berkelanjutan.

Sedangkan untuk proses pencairan ADD ini empat tahap atau pertriwulan bukan smester.

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved