Breaking News:

TIPS Mendeteksi Investasi Emas Bodong

Iming-imingnya menggiurkan, yakni memberikan imbal balik tinggi per bulannya, secara tetap pula. Tak tahunya, perusahaan tersebut

net
Cara Mengetahui Investasi Emas Bodong 

POSBELITUNG.COM - Pada Januari hingga Agustus 2013, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pernah menerima 350 pertanyaan dan pengaduan terkait investasi ilegal.

"Dari total pengaduan itu, sekitar 60,55 persen mengadukan soal investasi emas bodong," kata Sri Rahayu Widodo, Deputi Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Dari tahun ke tahun, bahkan hingga saat ini, banyak orang sering tergoda menanamkan uangnya di perusahaan yang mengklaim bergerak di bidang investasi emas seperti Golden Traders Syariah (GTIS), CTG Investment, Bina Sinar Sejahtera, dll.

Iming-imingnya menggiurkan, yakni memberikan imbal balik tinggi per bulannya, secara tetap pula. Tak tahunya, perusahaan tersebut tutup di tengah jalan dan pemiliknya kabur.

Oleh karena itulah, sebelum berinvestasi emas nonfisik, kita wajib memperhatikan betul calon perusahaan yang akan menjadi rumah berinvestasi. Berikut beberapa tipsnya.

Pastikan izin perusahaan

Hampir semua praktik investasi emas bodong hanya dilengkapi izin perdagangan emas, misal dari dians Perdagangan Daerah atau kementerian Perdagangan.

Pada, untuk jasa investasi dan keuangan mesti mengantongi perizinan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kenali sosok perusahaan

Jangan pernah langsung percaya terhadap perusahaan investasi karena melihat sosok penyokongnya, misal pejabat, MUI, atau semacamnya. Tidak ada perusahaan yang 100% aman kecuali dijamin oleh pemerintah.
 

Halaman
12
Editor: Edy Yusmanto
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved