Breaking News:

Dukung Destinasi Wisata, Desa Akan Bentuk Polisi Adat

Terlebih setelah Menteri Pariwisata (Menpar) menetapkan Belitung sebagai Destinasi Wisata Nasional setelah Bali dan Lombok.

Pos Belitung/Dede Suhendar
TA-PSD P3MD Kemendesa PDTT untuk Kabupaten Belitung, Sardi menyampaikan materi kepada peserta Tugas dan Fungsi Lembaga Adat Desa dan sosialisasi Polisi Adat di Desa Air Seruk, Jumat (17/3/2017). 

Laporan Wartawan Pos Belitung Dede Suhendar 

POSBELITUNG.COM, BELITUNG -- Belitung bisa dikatakan sebagai salah satu destinasi wisata yang cukup menawan bagi pelancong lokal, nasional maupun internasional.

Munculnya film Laskar Pelangi, menjadikan keindahan Belitung semakin terekspos.

Terlebih setelah Menteri Pariwisata (Menpar) menetapkan Belitung sebagai Destinasi Wisata Nasional setelah Bali dan Lombok.

Selain menjual keindahan alam seperti pantai, bebatuan, dan kuliner khas Belitung serta bangunan bersejarah, juga akan menjual adat istiadat. Untuk itu desa-desa di kabupaten Belitung akan memberdayakan Lembaga Adat Desa.

“Untuk mendukung Destinasi Wisata Belitung kita akan memberdayakan lembaga adat dan akan membentuk Polisi Adat,” demikian dikatakan TA-PSD (Tenaga Ahli Pelayanan Sosial Dasar) P3MD (Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa) Kemendesa PDTT untuk Kabupaten Belitung, Sardi, kepada Pos Belitung, (17/3).

Sardi mengatakan adat merupakan sistem hukum tradisional yang memuat nilai-nilai luhur masyarakat setempat yang diwariskan secara turun temurun.

Adat ini sendiri merupakan salah satu unsur yang kuat melekat pada desa. Ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelancong.

“Selain menjual keindahan alam, adat istiadat ini memiliki nilai yang sangat tinggi dijual. Belitung sangat kaya dengan adat istiadat,” jelas Sardi serta mengatakan adat memuat nilai, norma, tradisi dan seni budaya yang diwariskan secara kontinyu.

Polisi Adat ini merupakan organiasi di bawah kendali Lembaga Adat Desa yang berfungsi sebagai pengamanan kegiatan adat, asset adat, hukum adat, pantang adat dan adat istiadat setempat.

Hadir pada acara Bimbingan Tugas dan Fungsi Lembaga Adat Desa dan sosialisasi Polisi Adat di Desa Air Seruk Kecamatan Sijuk dihadiri Plt Kades Air Seruk, Suminem, beserta perangkat desa, Anggota BPD, Pengurus Lembaga Adat Desa, tokoh masyarakat dan pemuda Desa Air Seruk.

“Alhamdulillah semangat dan partisipasi pesertanya lumayan tinggi. Tokoh adat disini cukup antusias,” jelas Sardi, sebagai narasumber kegiatan tersebut.

Dia mengatakan pada kegiatan ini dijelaskan tugas pokok dan fungsi Lembaga Adat Desa dan Polisi Adat. Kegiatan yang sama akan dilaksanakan disemua desa di Kabupaten Belitung.(N1)

Penulis: Dede Suhendar
Editor: Edy Yusmanto
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved