Wabup Belitung : Program Mangrove Park Harus Diterapkan

Pemanfaatan terhadap pengelolaan sumber daya alam dari segi pengembangan pariwisata, terbilang sangat baik

Wabup Belitung : Program Mangrove Park Harus Diterapkan
Pos Belitung/Disa Aryandi
Capt foto : Kondisi Mangrove di Hkm Juru Seberang Bersatu, Minggu (19/3/2017). Pos Belitung/Disa Aryandi 

Laporan Wartawan Pos Belitung Disa Aryandi

POSBELITUNG.COM, BELITUNG - Wakil Bupati Belitung, Erwandi A Rani mengatakan program dan Kick Off Meeting Belitung Mangrove Park, yang telah disosialisasikan harus diterapkan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat.

Selain itu, dari mangrove ini merupakan salah satu strategi untuk perbaikan iklim dan mengarah kepada terumbu karang.

"Ini baru awal. Jadi mereka memberikan pemahanan kepada masyarakat, mangrove dijaga dan kemudian terumbu karang. Karena baiknya terumbu karang, itu tergantung mangrove, makanya memperbaiki dari awal, mangrove dulu, baru perbaikan ke terumbu karang," kata Erwandi kepada posbelitung.com, Jumat (24/3/2017).

Ia mengatakan, pemanfaatan terhadap pengelolaan sumber daya alam dari segi pengembangan pariwisata, terbilang sangat baik. Khusus untuk Belitung secara keseluruhan telah memiliki pantai, terumbu karang, dan ikan.

Baca: VIDEO Belitung Bakal Punya Mangrove Park

"Nah ini jangan diambil, tapi dimanfaatkan dan pasirnya jangan dijual. Kalau diambil pasir nya sebentar habis, tapi kalau dikelola, pemanfaatan akan berkepanjangan. Yang penting bagaimana menjaga daerah kita, jangan sampai diambil oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab," bebernya.

Semula program pengembangan potensi Mangrove Park ini, dilakukan langsung oleh Terumbu Karang Indonesia (Terangi) bekerjasama dengan ICCTF dan Hkm Juru Seberang Bersatu.

Lokasi utama untuk merealisasikan program tersebut adalah kawasan Hkm Juru Seberang Bersatu, Desa Juru Seberang, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung. (*).

Penulis: Disa Aryandi
Editor: edy yusmanto
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved