Breaking News:

Lestarikan Budaya Lokal Lalui Cerita Rakyat, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Gelar Story Telling

hal ini bertujuan untuk melestarikan dan memperkenalkan budaya lokal Belitung dalam bentuk cerita, sehingga terus diketahui generasi berikutnya.

Lestarikan Budaya Lokal Lalui Cerita Rakyat, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Gelar Story Telling - story-telling_20170405_093117.jpg
Pos Belitung/Krisyanidayati
Para Peserta Lomba Story Telling yang diadakan dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Belitung, Selasa (4/4/2017). Pos Belitung/Krisyanidayati
Lestarikan Budaya Lokal Lalui Cerita Rakyat, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Gelar Story Telling - story-telling_20170405_093218.jpg
Pos Belitung/Krisyanidayati
Para Peserta Lomba Story Telling yang diadakan dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Belitung, Selasa (4/4/2017). Pos Belitung/Krisyanidayati

Laporan Wartawan Pos Belitung, Krisyanidayati

POSBELITUNG.COM, BELITUNG - Sebanyak 49 siswa-siswi SD/MI di Kabupaten Belitung beradu kebolehan dalam membawakan cerita rakyat yang berasal dari Belitung.

Dengan percaya diri di hadapan tiga dewan juri mereka memainkan intonasi, gerak tubuh, dan mengucap bahasa khas Belitung dengan logat yang kental.

"Pesannya kita harus selalu menghormati orang tua kita, terutama ibu sebagaiamana pepatah surga ada di telapak kaki ibu, sudah sepatutnya kita mengabdi dan memperlakukan orangtua dengan hormat dan baik," kata Aisyah salah satu peserta story telling menutup cerita rakyat yang berjudul Kantan.

Lomba story telling yang digelar oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Belitung, dilaksanakan selama tiga hari dari Senin-Rabu (3-5/4/2017) di halaman dinas kearsipan dan perpustakaan.

Para peserta hadir tampak antusias memberikan penampilan terbaiknya agar bisa masuk babak final yang akan diselenggarakan, Rabu (5/4/2017).

Kegiatan ini yang mengusung tema "Sebagai upaya pelestarian budaya lokal daerah untuk penguatan karakter bangsa Indonesia melalui budaya baca sejak usia dini tahun 2017" merupakan agenda rutin yang dilaksanakan secara nasional.

"Kalau untuk kegiataan story telling dan story reading, program pusat. Jadi di Kabupaten ini kita menjaring yang terbaik, nanti dikirimkan ke Provinsi bahkan ke Nasional," kata kepala dinas kearsipan dan perpustakaan, Rafeli melalui Pengembangan pembudayaan kegemaran membaca, Septi Anggraheni, Selasa (4/3).

Septi mengatakan semua cerita yang dibawakan merupakan cerita daerah Belitung, hal ini bertujuan untuk melestarikan dan memperkenalkan budaya lokal Belitung dalam bentuk cerita, sehingga terus diketahui generasi berikutnya.

Selain itu juga untuk meningkatkan budaya membaca dan membaca dengan benar.

Halaman
12
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved