Lelang Jabatan Sekda Beltim Akan Dibuka

Pemerintah Kabupaten (Pemkba) Belitung Timur (Beltim) akan memulai tahapan seleksi terbuka Sekretaris Daerah (Sekda).

Lelang Jabatan Sekda Beltim Akan Dibuka
IST
Pemerintah Kabupaten (Pemkba) Belitung Timur (Beltim) akan memulai tahapan seleksi terbuka Sekretaris Daerah (Sekda).

Laporan Wartawan Pos Belitung Dedy Qurniawan

POSBELITUNG.COM, BELITUNG TIMUR - Pemerintah Kabupaten (Pemkba) Belitung Timur (Beltim) akan memulai tahapan seleksi terbuka Sekretaris Daerah (Sekda).

Dalam dua-tiga hari ke depan Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) akan mengumumkan pembukaan pendaftaran dan syarat seleksi.

Terkait hal ini, Bupati Beltim Yuslih Ihza mengumpulkan seluruh pejabat esselon II di lingkup Pemkab Beltim.

Tujuannya untuk meminta agar para perjabat yang syaratnya sudah cukup untuk ikut dalam seleksi.

“Saya berharap pejabat kita akan ikut berpartisipasi. Kalau bisa sebanyak-banyaknya. Tunjukkan kepada publik dan panitia seleksi visi, misi, dan program strategis masing-masing,” kata Yuslih seusai memberikan arahan di Ruang Rapat Bupati seperti dikutip dari rilis pers Diskominfo Beltim, Senin (29/5/2017).

Yuslih menyaku, ia sudah banyak mendengar selentingan jika beberapa pejabat potensial enggan ikut seleksi Sekda.

Alasannya, menurut Yuslih, sejumlah pejabat merasa sudah bisa menebak siapa yang akan terpilih menjadi Sekda.

“Semua punya peluang sama, bahkan tidak menutup kemungkinan Sekda bisa pegawai dari luar Pemkab Beltim. Jadi tidak benar itu, ada yang saya jagokan. Semuanya pakai mekanisme,” ujar dia.

Menurutnya secara pribadi dan selera Bupati, tentu berpengaruh terhadap kriteria seperti apa Sekda yang dapat membantunya.

Namun ia menjamin proses seleksi akan transparan, profesioanal dan objektif.

“Semua panitia seleksi dan assesor orang dari luar Beltim. Kredibilitas dan standarisasinya tidak diragukan. Tiga besar dari hasil rekomendasi Sekda terpilih akan disampaikan ke publik dan Bupati sebagai penentu kebijakan,” ungkapnya.

Selain itu, Yuslih juga menghimbau agar setidaknya pejabat tinggi di Pemkab Beltim memanfaatkan kesempatan ini untuk saling mengisi dan saling belajar dengan sistem baru.

Yuslih juga mengakui memang belum ada pejabat esselon II di Pemkab Beltim yang diangkat melalui sistem seleksi terbuka atau lelang jabatan.

“Saya minta semuanya bantu saya untuk mensukseskan era seleksi jabatan ini. Seleksi ini juga sekaligus juga wujud loyalitas, mengingat menggunakan anggaran yang tidak sedikit,” ujarnya. (*)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: edy yusmanto
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved