Breaking News:

Pengusaha Minimarket Sebut Pembangunan Minimarket di Belitung Belum Selayaknya Dibatasi

"Hanya saja, jarak antara satu minimarket dengan minimarket lainnya terlalu dekat. Saya harap, Pemerintah dapat mengatur dan mengatasi masalah...."

Pos Belitung/Idandi Meika Jovanka
Suasana di Puncak Swalayan. 

Laporan Wartawan Pos Belitung , Idandi Meika Jovanka

POSBELITUNG.COM, BELITUNG – Terkait rencana pemerintah mengatur bisnis pasar modern dan minimarket dalam bentuk Peraturan Presiden mengundang beragam respon dari pengusaha minimarket di Kabupaten Belitung, Senin (5/6).

Seperti dilansir kontan.co.id, peraturan ini menyangkut tiga hal. Pertama, pembatasan persentase kepemilikan untuk menghindari monopoli kepemilikan bisnis minimarket.

Kedua, wilayah pembangunan minimarket dibolehkan di jalan tertentu supaya tidak mengganggu pemukiman masyarakat.

Ketiga, penggunaan merek produk yang bertujuan memberikan kesempatan bagi produk UMKM untuk dapat berkompetisi dengan merek ternama.

Berdasarkan data dari Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung, tercatat beberapa minimarket tersebar di Tanjungpandan.

Di antaranya, Puncak Swalayan, Babel Mart, Family Mart, Belitung Mart, Nesky Mart, ABC Mart, dan beberapa minimarket lainnya.

Peraturan dari Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution tersebut mendapat respon yang bermacam dari penggiat bisnis minimarket di Kabupaten Belitung.

“Saya menyambut baik kebijakan tersebut. Setiap kebijakan Pemerintah pasti dengan tujuan baik untuk kemajuan nasional. Jadi, kita mendukung semua program dari Pemerintah,” kata Manager Area Puncak Swalayan Hendri.

“Berbicara masalah pembatasan jumlah unit sebenarnya itu wewenang Pemerintah. Tapi, menurut saya untuk pembangunan minimarket di Kabupaten Belitung belum selayaknya dibatasi. Hanya saja, jarak antara satu minimarket dengan minimarket lainnya terlalu dekat. Saya harap, Pemerintah dapat mengatur dan mengatasi masalah tersebut,” kata Manager Babel Mart Zarwan. (p1)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved