Breaking News:

Ketua DPRD Minta Pemprov Terbitkan Surat Cegah Penimbunan Area Bibir Pantai

Ketua DPRD Kabupaten Belitung Taufik Rizani meminta kepada Pemprov Babel untuk menerbitkan surat atau apapun untuk mencegah kegiatan penimbunan di...

Pos Belitung/Disa Aryandi
Ketua DPRD Kabupaten Belitung, Taufik Rizani. Pos Belitung/Disa Aryandi 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Dede Suhendar

POSBELITUNG.COM, BELITUNG - Ketua DPRD Kabupaten Belitung Taufik Rizani meminta kepada Pemprov Babel untuk menerbitkan surat atau apapun untuk mencegah kegiatan penimbunan di wilayah bibir pantai.

Karena, kegiatan yang kini marak dilakukan di sekitar wilayah Tanjungpendam hingga Desa Air Saga Kecamatan Tanjungpandan itu akan turut diatur dalam RZWP3K.

"Siapa yang berani mengeluarkan Amdalnya untuk kegiatan itu kok berani. Jadi saat dokumen RZ ini lagi proses, provinsi mengeluarkan surat untuk melarang aktifitas penimbunan itu," katanya, Senin (14/8/2018).

Selain itu, politisi dari Fraksi PDI-P itu juga mendukung pernyataan Bupati terkait penolakan aktifitas tambang.

Menurutnya khusus wilayah Kabupaten Belitung sepertiganya merupakan wilayah laut dan sisanya daratan.

Kemudian, makna dalam rencana penyusunan RZWP3K adalah membagi habis area laut 0-12 mil tersebut agar seluruh aktifitas seluruh masyarakat legalitasnya bisa diakui.

"Meskipun adanya Undang-Undang Nomor 23 dan Undang-Undang Nomor 4 tapi secara sosial budaya masyarakat Belitung sudah menolak tambang. Selain itu timah Belitung juga sudah zero ketika PT Timah menyerahkan kepada kami beda dengan Beltim," katanya.

Penulis: Dede Suhendar
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved