Breaking News:

VIDEO: Kibar Bendera Merah Putih di Teluk Pering, Tanda Pulau Belitung Belum Bebas Dari Tambang Laut

Dalam peta Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau – Pulau Kecil) di Kabupaten Beltim dan Belitung, supaya tidak membuat zonasi tambang laut

Penulis: Disa Aryandi | Editor: Rusmiadi

Laporan Wartawan Pos Belitung, Disa Aryandi

POSBELITUNG.COM, BELITUNG -- Forum Rakyat Tolak Tambang Laut (Forttal) dan Gabungan Pencinta Alam Belitong (Gapabel), menggelar pengibaran bendera merah putih, di perairan Teluk Pering, Kecamatan Kelapa Kampit, Belitung Timur (Beltim), Kamis (17/8/2017).

Pengibaran bendera berlangsung di depan kapal isap produksi (KIP), menggunakan pontong untuk mendirikan tiang bendera diatas permukaan air laut.

Tak hanya kalangan pencinta alam yang mengikuti pengibaran bendera ini, namun juga kalangan nelayan, sebagai tanda memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-72, sekaligus sebagai aksi penolakan terhadap aktivitas penambangan timah di perairan laut Pulau Belitung.

Aksi ini sebagai tindak lanjut dari adanya penentuan zonasi tambang laut di Pulau Belitung. 

Mereka berharap panitia zonasi dalam perencaan ulang peta RZWP3K ( Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau – Pulau Kecil)  di Kabupaten Beltim dan Belitung, tidak membuat zonasi tambang laut sebagia area konflik. Namun menggati dengan zonasi budidaya yang berkelanjutan.

"Ini sengaja kami melakukan ini di laut dan dihadapan kapal isap. Karena kami merasa pulau Belitung saat ini belum merdeka alias belum terbebas dari aktivitas tambang laut, dan kerusakan lingkungan masih terjadi," kata Ketua Gapabel Pifin Heriyanto kepada Posbelitung.com, Kamis (17/8/2017). (*)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved