Breaking News:

Insiden Bendera Indonesia Dicetak Terbalik di Sea Games, Malaysia Dinilai Sering Bikin Masalah

Wakil Sekjen Partai Hanura ini mengatakan, permintaan maaf yang diutarakan Menpora Malaysia melalui akun Twitternya dirasa belum cukup.

Tribunnews
Bendera negara Republik Indonesia terbalik di buku panduan yang diberikan kepada seluruh tamu undangan pembukaan SEA Games 2017. 

POSBELITUNG.COM, JAKARTA – Komisi X DPR RI yang membidangi masalah olahraga mengecam keras insiden terbaliknya gambar bendera Indonesia di buku panduan Sea Games 2017 yang tahun ini diselenggarakan Malaysia.

Anggota Komisi X DPR Dadang Rusdiana mengatakan, kontingen Indonesia harus buat nota protes.

"Kan kebangetan kalau Malaysia sampai lupa bendera Indonesia. Masa dengan negara tetangga satu ASEAN bisa lupa," kata Dadang saat dikonfirmasi, Minggu (20/8/2017).

Ia pun mengatakan cukup aneh jika bendera Indonesia bisa tercetak terbalik mengingat jumlah negara yang ikut gelaran SEA Games tidak banyak.

"Berapa sih peserta Sea Games. Kan tidak banyak, masa panitia bisa keliru. Memangnya Polandia ikut di Sea Games sehingga tertukar, memang malaysia sering bikin masalah," katanya.

Wakil Sekjen Partai Hanura ini mengatakan, permintaan maaf yang diutarakan Menpora Malaysia melalui akun Twitternya dirasa belum cukup.

"Ya kita harus buat dulu nota protes. Masa mereka tidak periksa sebelum naik cetak. Atau anggap remeh kita?" Kata Dadang.

Sebelumnya, Menpora Imam Nahrawi, mencuit kekecewaan di sosial media terkait kesalahan pemasangan gambar bendera.

"Pembukaan #SEAgame2017 yg bagus tapi tercederai dg keteledoran fatal yg amat menyakitkan. Bendera kita....Merah Putih. Astaghfirullaah..."

Pemerintah Indonesia akan mengajukan protes kepada Panitia Penyelenggara SEA Games (MASOC) sehubungan dengan bentuk bendera Indonesia yang terpampang di buku panduan SEA Games XXIX.

Pada Majalah yang dimasukkan dalam goodiebag souvenir pembukaan SEA Games XXIX di halaman 80 terpampang bendera dalam bentuk kotak tanda panah berwarna Putih Merah.

"Saya kaget setelah melihat bendera Indonesia dalam posisi terbalik di buku panduan SEA Games XXIX," ujar Imam Nahrawi usai menyaksikan Pembukaan SEA Games XXIX di Stadion Bukit Jalil Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu (19/8/2017) malam.

Lebih lanjut, Imam mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan Menko PMK untuk langkah selanjutnya.

(Tribunnews.com/Wahyu Aji)

Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved